Ini Dia Tugas Jin Qarin, Ada di Setiap Sisi Manusia

RISALAH INSPIRA,- Sebagian awam seringkali bertanya-tanya tentang keberadaan jin qarin di sisi setiap manusia. Katanya, jin ini memiliki tugas untuk berada si sisi setiap manusia untuk menggoda dan menyesatkan. Namun, benarkah pernyataan tersebut?

Dalam hadits Abdullah bin Mas’ud RA, Rasulullah juga menyebutkan perihal qarin. Ditemukan sabda Nabi SAW yang menyatakan:

عن ابن مسعود رضي الله عنه أن النبي ـ صلى الله عليه وسلم ـ قال “ما منكم من أحد إلا وقد وُكِّل به قَرِينُه من الجن وقرينُه من الملائكة” قالوا: وإيَّاك؟ قال: “وإيَّايَ إلا أن الله أعانني عليه فأسلم فلا يأمرني إلا بخير”

“Tidak seorang pun di antara kamu kecuali telah ditetapkan bersamanya qarin (pendamping dari makhluk jenis jin atau setan). Para sahabat lalu bertanya, “Walau engkau wahai Rasul Allah?” Rasulullah menjawab “Aku pun demikian, hanya saja Allah melimpahkan rahmat-Nya kepadaku sehingga aku selamat atau (dengan terjemahan yang lain) sehingga dia memeluk Islam.

Qarin yang ditegaskan hadits tersebut yaitu mereka yang membisikkan pikiran-pikiran buruk dalam hati manusia. Rasulullah menyebut bisikan itu sebagai lammah syaithaniyah. Ada juga lammah malakiyah, yakni dorongan malaikat. Kata qarin juga disebut dalam surat Qaf ayat 23-24:

وَقَالَ قَرِيْنُهٗ هٰذَا مَا لَدَيَّ عَتِيْدٌۗ اَلْقِيَا فِيْ جَهَنَّمَ كُلَّ كَفَّارٍ عَنِيْدٍ

“Dan berkata qarin atau temannya : inilah di sisiku telah tersedia. Lemparkanlah oleh kamu berdua wahai malaikat ke dalam Jahanam semua yang sangat ingkar dan keras kepala.”

Syaikh Ibnu Utsaimin ditanya, “Apa itu qorin?” Beliau menjawab, “Qorin adalah setan yang ditugasi untuk menyesatkan manusia dengan izin Allah. Dia bertugas memerintahkan kemungkaran dan mencegah yang ma’ruf. Sebagaimana yang Allah SWT berfirman, “Setan menjanjikan kefakiran untuk kalian dan memerintahkan kemungkaran. Sementara Allah menjanjikan ampunan dan karunia dari-Nya. Allah Maha Luas lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah: 268).

Kata qarin atau teman dalam ayat 23 dipahami sebagian ulama dalam arti setan yang menyertai manusia saat di dunia. Dialah yang berkata, “Orang kafir yang ada di sisiku ini telah siap untuk dimasukkan ke dalam neraka karena aku telah menyesatkannya.”Ada pula yang berpendapat qarin yang dimaksud adalah malaikat penggiring manusia ke neraka.

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Munajid menjelaskan, “Berdasarkan perenungan terhadap berbagai dalil dari Alquran dan sunah dapat disimpulkan bahwa tidak ada tugas bagi jin qorin selain menyesatkan, mengganggu, dan membisikkan was-was. Godaan jin qorin ini akan semakin melemah, sebanding dengan kekuatan iman pada disi seseorang,” (Fatawa Islam, tanya jawab, no. 149459).

Banyaklah berdzikir dan memohon perlindungan kepada Allah. Jika kita sungguh-sungguh melakukan hal ini, insyaaAllah, akan datang perlindungan dari Sang Kuasa. Allah berfirman,

“Apabila setan menggodamu maka mintalah perlindungan kepada Allah. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui,” (QS. Al-A’raf: 200).

Sumber: Republika, Islampos

(GIN)

Welcome! Login in to your account

Remember meLost your password?

Lost Password