Hukum Puasa Tarwiyah dan Puasa Arafah Menjelang Idul Adha

RISALAH INSPIRA,- Sebelum tiba hari raya Idul Ada, umat Muslim dianjurkan untuk menjalankan puasa di 10  hari pertama bulan Dzulhijjah. Puasa ini diawali sejak tanggal 1 hingga tanggal 7 Dzulhijjjah kemudian puasa tarwiyyah pada tanggal 8 Dzulhijjah dan puasa arafah pada 9 Dzulhijjah.

Anjuran puasa ini sesuai dengan yang diriwayatkan dari jalur Ibnu Abbas, bahwa Nabi Muhammad saw. bersabda, “Tidak ada hari ketika amal saleh pada hari tersebut lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari ini (10 hari pada Zulhijah). Para sahabat bertanya, “Ya Rasulullah, tidak juga untuk jihad fi sabilillah?” Nabi menjawab, “Tidak juga jihad fi sabilillah, kecuali orang yang keluar (berjihad) dengan jiwa dan hartanya, kemudian tidak kembali tanpa membawa apa-apa“.

Hukum dari puasa Arafah adalah sunnah muakkadah (sangat dianjurkan) bagi kaum muslimin yang tidak sedang menjalankan ibadah haji. Pada tanggal itu orang-orang yang sedang berhaji sedang melakukan kegiatan wukuf di Arafah. Dan untuk umat muslim yang tidak melaksanakan ibadah haji maka disunnahkan untuk berpuasa Arafah pada hari itu.

Karena itu, makanya disebutlah dengan puasa Arafah karena berbarengan dengan pelaksaan wukuf di padang Arafah. Ada penjelasan tentang puasa Arafah ini oleh Syaikh Abdurahman Al Juzairi dalam Fiqih Empat Madzhab :

Di antara puasa yang dianjurkan adalah puasa hari Arafah, yaitu berpuasa pada tanggal sembilan Dzulhijjah. Namun puasa ini hanya khusus dilakukan oleh selain jamaah haji saja, sedangkan untuk para jamaah haji maka para ulama berbeda pendapat mengenai hukumnya.”

Maka untuk yang sedang melaksanakan ibadah haji tidak ada keutamaan apapun untuk berpuasa Arafah. Ikrimah mengatakan :

Aku masuk ke rumah Abu Hurairah lalu bertanya tentang puasa hari Arafah bagi (jamaah haji yang sedang) di Arafah.” Lalu Abu Hurairah menjawab, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam melarang puasa hari Arafah di Arafah” (HR. Ibnu Majah dan Ahmad). (RISAL)

0 Comments

    Leave a Comment

    Welcome! Login in to your account

    Remember meLost your password?

    Lost Password