Hukum Menyembelih Hewan Kurban di Malam Hari

RISALAH INSPIRA,- Ibadah kurban di Hari Raya Idul Adha dan tiga hari setelahnya (hari tasyrik) merupakan sunnah yang sangat dianjurkan atau sunnah muakad bagi yang memiliki rezeki yang lapang. Dalam beberapa hari dibolehkan penyembelihan tersebut, bolehkan menyembelih hewan kurban di malam hari?

Mengutip laman Republika, ustadz lulusan Universitas Islam Madinah, DR. Firanda Andirja, Lc. MA. menyebutkan ada khilaf di kalangan para ulama terkait penyembelihan hewan qurban di malam hari.

Sebagian ulama mengatakan bahwa menyembelih Udhhiyah hanya dibolehkan pada waktu siang hari, apabila disembelih pada malam hari, maka penyembelihan tersebut tidak sah.

لِيَشْهَدُوا مَنَافِعَ لَهُمْ وَيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ فِي أَيَّامٍ مَعْلُومَاتٍ عَلَى مَا رَزَقَهُمْ مِنْ بَهِيمَةِ الْأَنْعَامِ فَكُلُوا مِنْهَا وَأَطْعِمُوا الْبَائِسَ الْفَقِيرَ

“Agar mereka menyaksikan berbagai manfaat untuk mereka dan agar mereka menyebut nama Allah pada beberapa hari yang telah ditentukan atas rezeki yang diberikan Dia kepada mereka berupa hewan ternak. Maka makanlah sebagian darinya dan (sebagian lagi) berikanlah untuk dimakan orang-orang yang sengsara dan fakir.” (QS. Al-Hajj: 28)

Artinya agar orang-orang mengingat Allah di hari-hari yang diketahui atas hewan ternak yang mereka sembelih. Di dalam ayat ini Allah menyebutkannya dengan, yang bermakna siang hari.

Adapun sebagian ulama yang lain berpendapat dimakruhkan menyembelih Udhhiyah pada waktu malam hari.

Ada juga pendapat yang lain, seperti Abu Hanifah, Asy-Syafi’i dan Ahmad menyebutkan bahwa lafaz أَيَّامٍ menurut bahasa arab mencakup waktu siang dan malam (Tafsir Al-Qurthubi).

Barang siapa mampu menyembelih pada waktu siang hari sebelum matahari terbenam, maka hal itu lebih baik. Barang siapa yang menyembelih pada waktu malam hari, maka diperbolehkan, Ini adalah pendapat yang kuat bahwa diperbolehkan menyembelih udhhiyah pada waktu malam hari.

Sementara di antara hikmah menyembelih Udhhiyah pada waktu siang hari adalah untuk menampakkan syiar iduladha, menampakkan syiar tauhid, sehingga banyak orang yang menyaksikan hewan kurban yang disembelih karena Allah.

Adapun mengenai ketepatan tanggal 10 Dzulhijjah, maka hal itu tergantung kepada keputusan masing-masing negeri. (GIN)

0 Comments

    Leave a Comment

    Welcome! Login in to your account

    Remember meLost your password?

    Lost Password