Hati-hati! Ini Dia Tempat Favorit Setan dan Jin

RISALAH INSPIRA,- Allah SWT menciptakan berbagai makhluk di alam semesta ini dengan kekuasaan-Nya. Selain yang terlihat kasat mata, ada pula yang tak kasat mata seperti malaikat, setan, dan jin.

Setan dan iblis merupakan makhluk yang suka mengganggu dan menggoda manusia untuk tidak taat kepada Tuhan. Jin juga memiliki kemampuan untuk merasuki tubuh manusia, berjalan mengikuti aliran darah, suka mempengaruhi pikiran manusia kejalan yang sesat.

Oleh karena itu manusia diperintahkan oleh Allah SWT untuk selalu berlindung kepada-Nya. Jin dan setan adalah musuh terberat yang ada dimuka bumi ini.

Jin suka hidup di lembah-lembah, perbukitan, dan celah-celah gunung yang tak berpenghuni, termasuk pula lubang-lubang yang ada dimuka bumi, berapapun ukurannya.

Seperti riwayat Ibnu Sarjis bahwa di sinilah alasan mengapa dilarang buang air kecil di lubang-lubang yang ada di daratan bumi, sebab jin menyukai tempat ini (HR Ahmad). Selain lembah, jin juga kerap mendiami lautan. Bahkan juga, di sinilah iblis meletakkan singgasana dan bala tentaranya. (HR Muslim).

Berikut adalah lokasi-lokasi dekat dengan manusia yang disukai oleh para jin dan setan :

Toilet

Kita semua sudah tau bahwa jin dan setan menyuikai tempat-tempat kotor, termasuk yang paling menonjol adalah toilet. Dan itulah tempat yang diberikan oleh Allah SWT pada sebangasa jin atau setan.

Rasulullah SAW menjelaskan bahwa iblis ingin memiliki tempat tinggal, seperti Adam As yang tinggal di bumi.  “Ya Allah, Adam dan keturunannya Engkau beri tempat tinggal di bumi, maka berilah pula aku tempat tinggal,’’ kata iblis.

Allah SWT berfirman; ‘‘Tempat tinggalmu adalah WC (kamar mandi atau jamban).’’ (HR Bukhari).

Oleh sebab itu, kamar mandi pun menjadi tempat tinggal jin dan sebangsanya. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW, “Sesungguhnya tempat buang hajat ini dihadiri (oleh setan), jika salah seorang dari kalian hendak masuk kamar mandi (WC),” (HR. Al-Bukhari, Muslim, At-Tirmidzi, Ibnu Majah).

Komplek makam

Kuburan juga adalah salah satu tempat yang kerap dihuni oleh para setan dan jin. Rasulullah dalam sebuah riwayat melarang makam untuk dijadikan tempat sholat, seperti halnya kamar mandi. Hal ini terdapat pada hadist riwayat Abu Sa’ad Al-Khudri.

Pasar

Setan berhuni tidak hanya ditempat sepi ia juga menyukai tempat keramaian seperti dipasar ini. Karena dipasar adalah tempat yang dihuni oleh banyak orang dan kerap banyak diganggu oleh setan dan jin mempengaruhi untuk lupa dengan waktu dan lengah berdzikir kepada Allah SWT. Maka dari itu usahakan menjadi orang pertama yang masuk kepasar dan jangan sesekali menjadi orang paling terakhir yang berada dipasar.

Sebaiknya kita harus hati-hati terhadap tempat-tempat tersebut, supaya menghindari dari godaan setan dan jin yang terkutuk.

Sumber: Republika (RISAL)

0 Comments

    Leave a Comment

    Welcome! Login in to your account

    Remember meLost your password?

    Lost Password