Hati-hati! 5 Makanan Ini Berbahaya Bagi Tubuh

HEALTH INSPIRA,- Berbagai macam makanan sehat kaya nutrisi yang dapat kita konsumsi. Misalnya sayuran, buah buahan, daging, ikan, dan berbagai bahan makanan lainya yang memiliki beragam kandungan penting. Namun di samping itu, ternyata terdapat yang berbahaya jika dikonsumsi.

Makanan berbahaya ini memiliki suatu kandungan yang dapat membahayakan tubuh. Melansir dari Foodsafety, berikut beberapa makanan yang berbahaya bagi kesehatan:

1. Sannakji

Sannakji merupakan hidangan Korea yang berupa tentakel bayi gurita yang di potong saat masih hidup. Potongan tentakel gurita ini biasanya ditambahka bumbu khusus dan segera disajikan atau di santap. Hidangan sannakji ini biasanya masih bergerak dan menggeliat di atas piring saji.

Dalam hal ini. Anda harus mengunyah tentakel lebih dahulu sebelum menempel di atap mulut. Jika tidak, tentakel bisa menempel di mulut dan tenggorokan dan menyebabkan orang terdesak sampai mati. Dikatakan, sebanyak 6 orang terdesak dan mati karena makan atau mencoba makanan sannakji setiap tahunnya.

2. Elderberry

Elderberry juga merupakan salah satu makanan berbahaya bagi kesehatan yang perlu anda ketahui. Elderberry, yang biasa digunakan dalam selai, anggur, teh, sirup dan suplemen, memang aman dikonsumsi jika sudah matang dan dimasak dengan benar.

Namun,daun, ranting, dan biji elderberrry mengandung glkosad penghasil sianida yang memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Jika bbuah tidak disaring dengan benar atau kurang matang, dapat menyebabkan mual, muntah, dan diare parah.

3. Rhubarb

Rhurbarb juga menabah daftar panjang makanan berbahaya bagi kesehatan. Rhubarb adalah jenis sayuran cerah biasanya ditemukan dalam selai atau pai. Dalam hal ini, daun thubarb diketahui mengandung asam oksalat yang tidak baik untuk kesehatan. Mengkonsumsi sayuran thubarb dalam jumlah banyak sangat tidak di sarnkan, sebab kandungan asam oksalat yang terlalu banyak masuk ke dalam tubuh dapat berakibat fatal.

Jika di olah dengan cara yang salah dan sembaragan dikonsumsi, bisa menyebabkan beberapa gejala tidak nyaman. Seperti sensasi terbakar di mulut dan tenggorokan, mual, diare, sakit mata, kesulitan bernafas, dan urien berwarna merah tua. Lebih bahaya lagi, asam oksalat dapat menyebabkan perkembangan batu ginjal yang merupaka endapan keras mineral dan garam asam yang menempel bersama dalam urien pekat, menyebaban mual dan nyeri hebat.

4. Singkong

Makanan berbahaya bagi kesehatan ternyata juga bisa berasal dari makanan populer seperti singkong. Buah singkong memang sering kali diolah menjadi berbagai macam makanan dan camilan lezat.Namun perlu diketahui, bahwa daun dan akarnya dapat menghasilkan sianida yang mematikan.

Untuk mencegah keracunan, singkong harus dimasak dengan benar sebelum dikalengkan, dimakan atau disajikan.Singkong dibagi menjadi dua jenis utama, yaitu manis dan pahit. Singkong manis hanya perlu dimasak untuk mengurangi kandungan sianida ke tingkat tidak beracun, tetapi singkong pahit mengandung lebih banyak racun dan harus diparut, direndam dan dimasak dengan benar sebelum dikonsumsi.

5. Kacang merah

Selain mengandung protein, serat, vitamin, dan mineral, kacang merah diketahui mengandung phtohaemagglutinintingkat tinggi, suatu variasi lektin yang beracun.Phytohaemagglutinin dapat merusak dinding usus dan dapat mencegah menyerap nutrisi dengan baik. Gejala keracunan yang mungkin terjadi seperti diare, sakit perut, muntah dan sakit kepala.

Dengan begitu, kacang merah kering harus disiapkan dan diolah dengan cara yang benar, yaitu direndam selama beberapa jam dan direbus setidaknya selama 10 menit agar aman. Jika hal ini kacang merah dimasak kurang dari 10 menit pada suhu beberapa pun, dapat meningkatkan toksisitas lima kali lipat sehingga olahan kacang tersebut lebih beracun dibandingkan jika dikonsumsi mentah.***(Magang)

(NUR/GIN)

Welcome! Login in to your account

Remember meLost your password?

Lost Password