Ghozali Hanya Foto Selfie Raup Cuan Miliaran, Apa Itu NFT?

Foto: Istimewa

BANDUNG INSPIRA,- NFT atau non fungible token kini menjadi perbincangan hangat masyarakat. Mengenai hal tersebut timbul pertanyaan apa itu NFT?

Hal ini akibat unggahan yang dari seorang pemuda bernama Ghozali Ghozalu atau Ghozali Everyday yang menjual NFT hingga nilainya bernilai miliaran rupiah, hanya dengan bermodalkan foto selfie.

Kendati terdengar seperti main-main, tapi kenyataannya foto selfie Ghozali yang dijual dalam bentuk NFT di marketplace bernama OpenSea bisa tembus puluhan juta rupiah per item.

Lantas apa itu NFT? Menghimpun dari berbagai jenis sumber, ternyata NFT adalah aset digital yang masuk ke dalam mata uang kripto. NFT bisa digunakan sebagai bukti kepemilikan barang dan dapat dibeli dengan mata uang kripto yang bidangnya sangat luas.

Aset NFT bisa berbentuk gambar, video, musik sampai game dan lain-lain. Tapi sebetulnya istilah NFT bukan perkara baru di dunia digital, karena itu sudah muncul sejak tahun 2017 yang lalu.

Jadi secara sederhana, NFT bisa didefinisikan sebagai aset digital yang merepresentasikan barang berharga dan nilainya tidak dapat diganti.

Aset NFT akan tercatat dalam sebuah sistem bernama blockchain, yang akan memuat informasi seputar kreator atau pencipta sampai riwayat kepemilikan aset tersebut.

NFT biasanya dijual dengan mata uang Ether (ETH) yakni koin yang dibuat oleh Ethereum. Seperti aset digital lainnya, NFT dapat dijual dalam bentuk atau format JPEG, PNG, GIF dan format lainnya.

Namun perlu diketahui  kendati sebenarnya NFT dikembangkan dari keluarga kripto (Cryptocurrency) namun penggunaannya sangat berbeda.

Lalu pertanyaan muncul lagi tentang bagaimana cara membuat dan memasarkan NFT?

Pertamaa yang harus dilakukan untuk membuat atau memasarkan NFT adalah memilih platform penjualannya terlebih dahulu. Seperti yang dialami Ghozali pasar NFT yang digunakannya adalah OpenSea. Maka harus ada pasar yang ditentukan dahulu.

Kalau sudah menentukan pasarnya, selanjutnya adalah menautkan akun di pasar tersebut dengan dompet kripto yang sesuai. Pilih ‘Mint of NFT’ dan unggah dokumen digital Anda. (MSN)

 

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me
Lost your password?

Lost Password