Geo Dipa Gelar Sosialisasi dan Simulasi Tanggap Bencana di Wilayah Operasi PLTP Patuha

BANDUNG INSPIRA,- PT Geo Dipa Energi (Persero) menyelenggarakan sosialisasi dan simulasi tanggap bencana “Desa Siaga” di wilayah operasi sekitar PLTP Patuha.

Kegiatan ini dilakukan secara sinergis bersama BPBD Kab. Bandung, Poltekkes Kemenkes Bandung, Polsek Pasir Jambu, Koramil Pasir Jambu, serta warga di Kampung Kendeng, Desa Sugihmukti, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung.

Manager HSE PT GeoDipa Energi, MS Dencio mengatakan, sosialisasi dan simulasi ini bertujuan untuk memberi pemahaman terkait langkah yang harus dilakukan ketika terjadi bencana.

“Di sini kami mengajak dan mengedukasi warga masyarakat untuk membekali pemahaman dan kesiapan jika terjadi bencana gempa bumi,” kata Dencio.

Sosialisasi kebencanaan ini, lanjut Dencio, dibantu langsung oleh BPBD Kabupaten Bandung di Mesjid Al-Hidayah, Kampung Kendeng, yang bertugas menyampaikan secara detail soal kebencanaan dan berbagai informasinya.

Tak ketinggalan, warga setempat pun ikut terlibat dalam melaksanakan simulasi terjadinya bencana gempa bumi, serta dukungan dari pihak Kemenkes Bandung melalui Politeknik Kesehatan (Poltekkes).

“Jadi simulasi yang dilaksanakan ini meliputi skenario kebencanaan gempa bumi dan pembagian alat-alat simulasi oleh PT Geo Dipa Energi (Persero). Setiap masing-masing jalur rumah ditetapkan satu koordinator atau relawan bencana,” kata Dencio.

Dencio menuturkan, digelarnya sosialisasi dan simulasi bencana pada warga masyarakat kampung Kendeng ini mendapat sambutan hangat dan antusiasme tinggi dari semua kalangan, termasuk masyarakat.

“Masyarakat sangat antusias sekali ya, bahkan mereka berinisiatif membawa peralatan sendiri dari rumah seperti wajan, panci, helm, maupun tikar untuk melindungi diri dari reruntuhan bangunan,” kata dia.

Foto: Boby Roska/beritainspira

“Kami tentu berharap, dari hasil sosialisasi dan simulasi ini masyarakat mampu mensimulasikan kejadian tanggap bencana dengan baik, karena sudah memiliki pemahaman sebelumnya,” tambahnya. (BRO)

0 Comments

    Leave a Comment

    Welcome! Login in to your account

    Remember meLost your password?

    Lost Password