Gedung Lima Lantai di Korsel Runtuh ke Jalan Raya, 9 Orang Tewas

GWANGJU INSPIRA,- Sedikitnya sembilan orang tewas dan delapan orang lainnya luka-luka setelah gedung berlantai lima runtuh tiba-tiba ketika sedang dalam proses pembongkaran dan jatuh ke jalan yang ramai di Korea Selatan.

Bangunan itu runtuh saat sedang dihancurkan di Gwangju, sekitar 270 kilometer barat daya Ibu Kota Seoul pada Rabu (9/6).

“Bus itu membawa 17 orang dan berhenti di jalan di bawahnya,” kata Badan Pemadam Kebakaran Nasional.

Penyebab keruntuhan belum jelas dan upaya pencarian sedang dilakukan untuk para korban selamat yang mungkin terjebak.

Semua pekerja di lokasi telah dievakuasi sebelum gedung itu runtuh, kata petugas pemadam kebakaran Kim Seok-sun dalam briefing yang disiarkan televisi.

Beberapa pekerja mengatakan kepada penyelidik bahwa mereka telah menutup jalur pejalan kaki di dekat lokasi sebelum runtuh.

Video yang diunggah ke media sosial menunjukkan bahwa bangunan runtuh langsung ke bus.



Yang Ik-je, yang mengelola satu toko di seberang jalan dari gedung yang runtuh, mengatakan kepada kantor berita Yonhap bahwa rasanya seperti Bumi tengah berguncang.

“Saya tidak bisa melihat jalan dengan jelas, seolah-olah diselimuti kabut tebal. Saya memeriksa CCTV untuk mengetahui bahwa bangunan itu runtuh menimpa sebuah bus,” katanya.

Menurut Yonhap, sebagian besar korban adalah penumpang bus. Dikatakan juga, dua mobil yang awalnya diduga juga terkubur di bawah puing-puing kemudian dikonfirmasi oleh pihak berwenang, lolos dari insiden tersebut.

Pejabat dinas pemadam kebakaran mengatakan mereka sedang mencari orang lain yang mungkin terperangkap di bawah puing-puing.

Satu video dari tempat kejadian menunjukkan puluhan pekerja penyelamat yang dilengkapi dengan tandu dan linggis mencari korban sementara ekskavator meretas gunung besar beton yang hancur dan balok baja bengkok yang tumpah di jalan raya.

Salah satu bangunan masa damai terburuk di dunia runtuh terjadi di Korea Selatan pada Juni 1995, ketika Sampoong Department Store Seoul runtuh. Kejadian itu menewaskan lebih dari 500 orang. (SON)

0 Comments

    Leave a Comment

    Welcome! Login in to your account

    Remember meLost your password?

    Lost Password