Fakta atau Hoaks? Bawang Putih Ampuh Sembuhkan COVID-19

BANDUNG INSPIRA,- Informasi tentang pengobatan alternatif COVID-19 terus berseliweran di sosial media dan aplikasi pesan WhatsApp. Salah satunya, pesan berantai berupa cerita seseorang yang mengaku sembuh dari COVID-19 usai mengonsumsi bawang putih.

Bawang putih diklaim langsung memulihkan kondisi badan saat sakit terinfeksi COVID-19. Khasiatnya disebut-sebut lebih cepat dibanding obat serta vitamin.

Berikut pesan berantai tersebut:


Lantas, benarkah mengonsumsi bawang putih dapat langsung mengobati COVID-19?


Penjelasan


Secara tegas, World Health Organization (WHO) dalam situsnya membantah jika bawang putih memiliki khasiat dalam pengobatan COVID-19. Tidak ada bukti kuat konsumsi bawang putih mampu melindungi seseorang dari infeksi virus Corona.

Sebelumnya, Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Achmad Yurianto juga pernah menyatakan hal yang sama terkait bawang putih.

Disebutkan, air rebusan bawang putih tidak dapat menyembuhkan dari virus Corona. Belum ada penelitian ilmiah yang dapat membuktikan bahwa meminum air rebusan bawang putih dapat menyembuhkan dari virus Corona.

Baca juga: Fakta atau Hoaks? Teh Panas dan Lemon Ampuh Tangkal Kematian COVID-19

Guru Besar FKUI, Tjandra Yoga Aditama mengatakan bahwa WHO memang telah mengumumkan daftar obat yang bisa menangani gejala atau keluhan akibat COVID-19.

Di Indonesia, lima organisasi profesi dokter di Indonesia telah mengeluarkan panduan tentang obat apa yang dipakai atau dianjurkan dalam penanganan COVID-19 di Indonesia.

“Tidak ada bawang putih atau bawang merah di dalamnya,” kata Profesor Tjandra.

Namun, untuk mengurangi gejala, bisa saja memanfaatkan obat tradisional. Hanya saja, Tjandra mengingatkan penyakit dasarnya yaitu COVID-19 harus tetap diwaspadai dan ditangani secara maksimal.

“Kalau disebut bisa menyembuhkan COVID-19 itu tidak benar, mengurangi gejala mungkin saja. Tapi ingat penyakit dasarnya harus tetap diwaspadai dan ditangani secara maksimal,” katanya.

Dari sini bisa kita simpulkan bahwa klaim yang menyebut bawang putih ampuh menyembuhkan/melindungi dari COVID-19 adalah HOAKS alias TIDAK BENAR. Meski begitu, ia bisa dipakai untuk mengurangi gejala. (SON)

0 Comments

    Leave a Comment

    Welcome! Login in to your account

    Remember meLost your password?

    Lost Password