Doa Perjalanan Jauh atau Berpergian Agar Dapat Keselamatan

RISALAH INSPIRA,- Seluruh umat Musliim dianjurkan untuk berdoa ketika memulai dan mengakhiri sesuatu. Salah satunya adalah ketika kita hendak memulai perjalanan jauh.

Mengawali perjalanan dengan membaca doa, maka perjalanan kita akan diberikan pahala serta keselamatan oleh Allah SWT. Rasulullah SAW pun selalu memanjatkan doa ketika akan berpergian.

Berikut doa perjalanan jauh atau berpergian

1. Doa Sebelum Bepergian

Allahumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa waatwi ‘annaa bu’dahu. Allahumma antashookhibu fiissafari walkholiifatu fiil ahli.

Artinya:

“Ya Allah, mudahkanlah kami bepergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam bepergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga.”

2. Doa Diberi Keselamatan Sebelum Bepergian atau Doa Keluar Rumah

Bismilaahi tawakkaltu ‘alallahi wa laa hawla wa laa quwwata illaa billaahi.

Artinya:

“Dengan menyebut nama Allah, aku menyerahkan diriku pada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan selain dengan Allah saja.”

3. Doa Sebelum Bepergian Jauh

Allohumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa waatwi ‘annaa bu’dahu. Allohumma antashookhibu fiissafari walkholiifatu fiil ahli

Artinya:

“Ya Allah, mudahkanlah kami berpergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam berpergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga.”

4. Doa Naik Kendaraan

“Subhaanalladzii sakhkhara lanaa hadzaa wamaa kunnaa lahuu muqriniin, wa innaa ilaa rabbinaa lamunqolibuun.”

Artinya:

“Maha Suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami (di hari kiamat).”

5. Doa Setelah Sampai Tujuan

Saat kita sudah sampai di tujuan alangkah baiknya kita membaca doa ketika sampai, sebagai bentuk rasa syukur karena diberikan keselamatan selama perjalanan

Allaahumma innii as aluka lhairohaa wakhairo ahlihaa wakhairo maa fiihaa wa a’uudzubika min syarrihaa wa syaarri ahlihaa wa syarri maa fiihaa.

Artinya: “Ya Allah, saya mohon kepada-Mu kebaikan negeri ini dan kebaikan penduduknya serta kebaikan yang ada di dalamnya. Saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan negeri ini dan kejahatan penduduknya serta kejahatan yang ada di dalamnya”

6. Doa Dilindungi dalam Perjalanan

“Alhamdu lillaahil-ladzii sallamanii wal-ladzii aawaanii wal-ladzii jama’asy-syamla bii”

Artinya: “Segala puji milik Alloh yang telah menyelamatkan aku dan yang telah melindungiku dan yang mengumpulkan aku dengan keluargaku.” (GIN)

0 Comments

    Leave a Comment

    Welcome! Login in to your account

    Remember meLost your password?

    Lost Password