Disunnahkan Tidak Makan atau Minum Sebelum Shalat Idul Adha

RISALAH INSPIRA,- Tahukah Anda? JIka sebelum menunaikan shalat Idul Adha, kita sebagai umat Muslim dianjurkan untuk tidak makan dan minum atau berpuasa terlebih dahulu. Bahkan hukumnya sunnah karena dalam beberapa riwayat, Rasulullah SAW melakukan amalan tersebut.

Dari Buraidah -radliyallahu’anhu- berkata, “Nabi shallallahu’alaihi wa sallam tidak keluar pada Idul Fithri hingga makan terlebih dahulu. Adapun pada Idul Adha beliau tidak makan hingga pulang dari makan dari daging kurban sembelihannya.”

Dilansir dari berbagai sumber,sebelum sholat Idul Adha umat muslim disunnah  menahan diri untuk tidak makan dan tidak minum. Lalu dari Abdullah bin Buraidah, dari ayahnya, ia berkata :

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berangkat shalat ‘ied pada hari Idul Fitri dan beliau makan terlebih dahulu. Sedangkan pada hari Idul Adha, beliau tidak makan lebih dulu kecuali setelah pulang dari shalat ‘ied baru beliau menyantap hasil qurbannya.” (HR. Ahmad 5: 352).

Di dalam hadist lain juga disampaikan oleh Ibnu Qudamah, “Imam Ahmad berkata: “Saat Idul Adha dianjurkan tidak makan hingga kembali (pulang ke rumah) dan memakan hasil sembelihan qurban. Karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam makan dari hasil sembelihan qurbannya. Jika seseorang tidak memiliki qurban (tidak berqurban), maka tidak masalah jika ia makan terlebih dahulu sebelum shalat ‘ied.” (Al Mughni, 2: 228).

Dalam beberapa riwayat di atas dikatakan bahwa Rasulullah SAW tidak makan dan minum sebelum melaksanakan shalat Idul Adha berbeda dengan pelaksanaan shalat Idul Fitri yang memilih untuk makan terlebih dahulu.   Hal ini dikarenakan agar Rasulullah SAW dapat menikmati daging qurban setelah pelaksanaan shalat Idul Adha. (RISAL)

41 Comments

Leave a Comment

Welcome! Login in to your account

Remember meLost your password?

Lost Password