Bus Angkutan KBB-Bandung Bakal Segera Beroperasi

(Foto: Antaranews)

BANDUNG BARAT INSPIRA,- Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung Barat (KBB) menjadi salah satu daerah di wilayah Bandung Raya yang akan mendapat bantuan Bus BTS (Buy The Service) dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Bantuan bus ini sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan transportasi massal yang terintegrasi di kawasan Bandung Raya sehingga bisa saling terkoneksi satu sama lain.

“Pemda KBB akan dapat bantuan bus dari Kementerian Perhubungan. Hanya saja untuk jumlahnya kita belum tahu berapa unit yang akan diserahkan ke kita,” kata Kepala Dinas Perhubungan KBB, Lukmanul Hakim melalui Kepala Bidang Angkutan Eman Sulaeman.

Menurutnya, rencana bantuan Bus BTS dari Kementerian Perhubungan di Bandung Raya untuk lima trayek. Yakni Leuwipanjang-Soreang, Leuwipanjang-Dago. Kemudian Kota Baru Parahyangan-Alun-alun Bandung, Dipati Ukur-Jatinangor, dan Cicaheum-Jatinangor.

Sementara untuk trayek Bus BTS yang bersinggungan dengan KBB adalah trayek Kota Baru Parahyangan-Alun-alun Bandung via Cimahi. Panjang lintasan jalurnya sekitar 10,2 kilometer dan melintas berbagai pusat kota baik di KBB, Cimahi, maupun Kota Bandung.

“Jalurnya mencakup Jalan Asia Afrika-Sudirman-Amir Machmud-Gatot Subroto-Gedung Empat-Sriwijaya-Staiun-Gatsu-Gedung Empat-Gandawidjaya-Padasuka-Cimareme-Kota Baru Parahyangan,” sebutnya.

Menurutnya, kehadiran Bus BTS akan semakin menambah pilihan alternatif bagi masyarakat di wilayah Bandung Raya khususnya KBB dalam menggunakan moda transportasi umum. Sehingga penggunaan kendaraan pribadi dapat dikurangi yang imbasnya bisa mengurangi beban kemacetan.

“Harapannya masyarakat bisa memanfaatkan kehadiran transportasi umum yang semakin nyaman, sehingga angka kemacetan berkurang,” katanya. (JUN/ADT)

0 Comments

    Leave a Comment

    Welcome! Login in to your account

    Remember meLost your password?

    Lost Password