Bupati Bandung Tekankan Pentingnya Pendidikan Pancasila Sejak Dini

(Foto: Antaranews)

KABUPATEN BANDUNG INSPIRA,- Bupati Bandung Dadang Supriatna menekankan pentingnya pendidikan mengenai dasar dan ideologi negara Pancasila sejak dini pada peringatan Hari Lahir Pancasila, Selasa.

“Karena pendidikan sejak dini lah yang sangat penting, khususnya (mengenai) Pancasila sebagai falsafah bangsa, yang memberikan kita pedoman dalam melaksanakan kehidupan, berperilaku, akhlak, saling menghormati dan menghargai sesama,” katanya seperi dilansir dari Antaranews, Selasa (1/6/2021).

Dia meminta Dinas Pendidikan menjadikan pendidikan Pancasila sebagai salah satu prioritas agar para siswa memahami nilai-nilai Pancasila serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Ia mencontohkan, wujud dari pengamalan nilai-nilai Pancasila di antaranya menghargai orang tua, menghargai sesama, dan saling tolong menolong.

“Misalkan kita sedang jalan-jalan melihat paku atau ranting berduri, kita singkirkan agar tidak membahayakan orang lain, ini perilaku-perilaku yang akan membentuk karakter,” kata dia.

Dia mengemukakan bahwa kemudahan-kemudahan yang dihadirkan oleh teknologi bisa membuat orang semakin individualis dan dalam kondisi yang demikian pendidikan mengenai Pancasila semakin penting.

“Jangan sampai masyarakat terutama generasi milenial lupa diri, lupa identitas bangsa, yang pada akhirnya tidak ada rasa saling menghargai, itu yang bahaya,” katanya. (ADT)

0 Comments

    Leave a Comment

    Welcome! Login in to your account

    Remember meLost your password?

    Lost Password