Berbakti pada Tanah Kelahiran, Purkon Hakimmuloh Yakin Cipagalo BISA Berkualitas

Foto: Istimewa

BANDUNG INSPIRA,- Banyak cara untuk mengabdi kepada tanah kelahiran untuk membangun dan mewujudkan impian setiap masyarakat. impian itulah yang ada dalam benak dari salah satu calon Kepala Desa Cipagalo Purkon Hakimmuloh selama ini.

Niatnya untuk memimpin desa yang menjadi tanah kelahirannya itu, sudah ditanamkan sejak lama. Matanya melihat masih banyak sektor yang harus dibangun agar desa tercintanya bisa berkembang dan lebih maju dari desa-desa lainnya yang ada di wilayah Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

“Berawal dari rasa keprihatinan terhadap masa depan Desa Cipagalo dan rasa cinta kepada tanah kelahiranya, saya mencalonkan diri untuk menjadi Kepala Desa  Cipagalo dalam pemilihan Kades kali ini,” begitu kata dia.

Seperti yang diketahui Pilkades di wilayah Kabupaten Bandung atas keputusan Bupati Bandung, diundur pelaksanaannya menjadi tanggal 28 Juli 2021 mendatang, akibat situasi darurat pandemi Covid-19. Pemerintah saat ini sedang menerapkan skema PPKM Darurat Jawa-Bali akibat dihantam badai positif penularan Covid-19 yang terus meningkat.

Konsep yang diterapkan oleh Purkon yakni membawa desanya untuk Bangkit, Inovatif, Sejahtera Dan Aspiratif (BISA ). Ia juga mengusung sebauah visi serta delapan program lain yang nanti akan menjadi program utama bila dirinya sukses duduk di kursi Kepala Desa Cipagalo.

Baca juga: Mulai 12 Juli, KA Lokal Diperuntukkan Bagi Pekerja Esensial dan Kritikal

Namanya santer di telinga warga Cipagalo. Bagi warga setempat Purkon bukanlah orang asing yang memanfaatkan situasi dan kondisi yang ada saat ini. Purkon mengaku secara tulus datang dari nuraninya untuk membangun desa tercintanya.

Dengan kondisi perkembangan zaman maka sudah saatnya Purkon membawa warganya untuk lebih maju. Terlebih Ia juga ingin menyelamatkan warga Desa Cipagalo dari pasung pandemi Covid-19.

Ia dikenal oleh warga setempat sebagai orang yang santun dan murah senyum. Karir Purkon dimulai dari Sekretaris Desa Cipagalo selama 11 tahun serta bekerja di Kecamatan Bojongsoang. Terakhir Purkon Hakimullah menjadi PJS di Desa Lengkong.

Pengalaman Purkon Hakimmuloh dalam bidang pemerintahan sudah tidak diragukan lagi.

“Karena rasa cinta terhadap Desa Cipagalo menjadi alasan untuk mengabdikan diri ini kepada tanah kelahiran,” terang dia.

Fokus Purkon dalam membangun desa berkualitas, dengan cara mendidik secara tegas dan meningkatkan kualitas kemampuan dasar dari seluruh elemen Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Desa.

Karena menurutnya semua pembangunan dan kemajuan desa berawal dari SDM yang berkompeten serta memiliki daya juang tinggi.

“Desa Cipagalo akan menitik beratkan pada pembinaan dan peningkatan SDM ( Sumber Daya Manusia ) Aparatur Desa. Karena pembangunan Desa Cipagalo akan berjalan dengan lancar dan terlaksana ketika SDMnya Sudah berkompenten di bidangnya,selain pembangunan fisik pembangunan non fisikpun akan di lakukan di nantinya,” jelasnya dia.

Tak hanya itu, peningkatan pelayanan publik juga menjadi salah satu agenda utamanya. Dirinya ingin masyarakat bisa dengan mudah dalam memenuhi kebutuhan mereka.

“Dalam mengurus dokumen seperti mengurus dokumen bahkan semua pengurusan dokumen itu tanpa  biaya dan mudah,” jelasnya.

Bahkan tidak menutup kemungkinan nantinya pelayanan desa kepada warga Cipagalo akan menggunakan basis aplikasi modern dengan kemajuan teknologi yang ada sekarang. Alasannya agar masyarakat semakin mudah dalam membuat dokumen.

Baca juga: Catat! Ini Alamat Agen Pengisian Tabung Oksigen di Kota Bandung

Menurutnya Desa Cipagalo masih perlu mendapatkan perhatian lebih banyak dan memenuhi apa yang dibutuhkan oleh warga setempat. Termasuk penataan dalam pemakaman umum agar warga tidak lagi bingung ketika akan memakamkan keluarganya yang meninggal dunia.

“Selain itu warga perumahan GBA 2 dan 3 saat ini juga belum menerima Fasos dan Fasum makanya nanti akan terus didorong dalam percepatan serah terima Fasos dan Fasum untuk warga perumahan GBA 2 dan 3,” ungkpanya.

“Untuk mewujudkan Desa Cipagalo yang BISA ( Bangkit,Inovatif,Sejatera dan Aspiratif ) tidak bisa bekerja sendiri harus ada kerjasama dengan lembaga desa, kepemudaan, dan organisasi masyarakat maka oleh sebab itu nanti akan lebih mengoptimalkan peran masing–masing. Karena kalau semua satu tujuan InsyaAllah Desa Cipagalo BISA akan terwujud,” lanjutnya.

Kemajuan bagi warganya yang memiliki bisnis UKM pun tak luput dari perhatian Purkon. Ia mengajak berbagai unsur untuk bekerjasama dengan BUMDES mengelola pelaku UKM yang ada di desanya.

“Kita kasih bantuan mulai dari permodalan memberikan pelatihan bagaimana mengemas jualanya supaya lebih menarik termasuki nanti juga soal strategi pemasarannya. Media Informasi juga akan lebih di optimalkan kepada masyarakat sebagai alat keterbukaan, jadi pembangunan apa yang sedang di lakukan di Desa Cipagalo Biar masyarakat tahu program – program Desa Cipagalo nantinya,” kata dia.

“Media informasi juga akan dijadikan alat kampanye imbauan kepada masyarakat tentang kampanye untuk membuang sampah pada tempatnya contohnya karena saat ini masyarakat Cipagalo sendiri belum terbebas dari banjir kalau musim hujan datang,” ungkapnya.

Selain itu keselamatan dan kesehatan jiwa dari warganya tak luput dari perhatian Purkon Hakimmuloh. Ia prihatin dengan kondisi pandemi Covid-19 yang hingga kini masih terus menghantui Indonesia, khususnya Kabupaten Bandung.

Calon kades nomor urut 5 ini pun mengimbau kepada para pemilih yang akan datang ke TPS pada tanggal 28 Juli 2021 nanti untuk memilih agar mematuhi dan mentaati prokes yang ketat. (MSN)

1 Comment

Leave a Comment

Welcome! Login in to your account

Remember meLost your password?

Lost Password