Berapa Besaran Zakat Fitrah yang Harus Dibayar? Bisa Beras atau Uang

Foto: Istimewa/Correcto.id

RISALAH INSPIRA,- Zakat fitrah merupakan kewajiban bagi setiap jiwa perempuan dan lelaki muslim baik masih kecil maupun sudah dewasa yang dilakukan pada bulan Ramadan hingga Idul Ftiri. Sebagaimana hadits Ibnu Umar ra,

“Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah satu sha’ kurma atau satu sha’ gandum atas umat muslim; baik hamba sahaya maupun merdeka, laki-laki maupun perempuan, kecil maupun besar. Beliau saw memerintahkannya dilaksanakan sebelum orang-orang keluar untuk shalat.” (HR Bukhari Muslim)

Rukun Islam yang keempat ini bertujuan untuk mensucikan diri setelah menunaikan ibadah di bulan Ramadan. Selain itu, aktivitas zakat fitrah ini dimaknai sebagai kepedulian pada sesama umat yang kurang mampu untuk sama-sama merasakan kebahaiaan dan kemenangan di hari raya Idul Fitri.

Besaran yang dikeluarkan untuk zakat fitrah

Melansir laman Baznas, zakat fitrah dapat dikeluarkan dalam bentuk beras atau uang tunai.

Untuk beras wajib dikeluarkan sebanyak 2,5 kg atau 3,5 liter beras. Jika Anda memillih uang tunai, keluarkanlah sesuai dengan harga beras sebanyak 2,5 kg atau 3,5 liter di wilayah Anda.

Hal ini sesuai dengan kesepakatan para ulama, diantaranya Shaikh Yusuf Qardawi yag memperbolehkan zakat fitrah ditunaikan dengan uang setara 1 sha’ gandum, kuram, atau beras. Nominal zakat fitrah yang ditunaikan dalam bentuk uang, menyesuaikan dengan harga beras yang dikonsumsi.

Berdasarkan SK Ketua BAZNAS No. 7 Tahun 2021 tentang Zakat Fitrah dan Fidyah untuk wilayah Ibukota DKI Jakarta Raya dan Sekitarnya, ditetapkan bahwa nilai zakat fitrah setara dengan uang sebesar Rp40.000,-/hari/jiwa. (GIN)

0 Comments

    Leave a Comment

    Welcome! Login in to your account

    Remember meLost your password?

    Lost Password