Begini Skema Pengamanan Polrestabes Bandung Jelang dan Saat Libur Lebaran Besok

Masnurdiansyah

BANDUNG INSPIRA,- Menjelang lebaran Idul Fitri 1442 Hijriyah, Polrestabes Bandung menyiapkan skema pengamanan dengan menutup beberapa jalan di Kota Bandung. Penutupan akan dibagi menjadi tiga ring.

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol, Ulung Sampurna Jaya, mengatakan penutupan dilakukan untuk meminimalisir terjadinya pergerakan masyarakat.

“Kita tutup jalan dari ring satu sampai dengan ring tiga, yang dimulai dari pukul 18.00. Hal itu dilakukan, untuk menekan mobilitas masyarakat,” kata Ulung, pada Rabu (12/5/2021).

Maksud dari menekan mobilitas pergerakan masyarakat, untuk meminimalisir terjadinya perkumpulan massa yang melakukan kegiatan takbir keliling. Jika masyarakat masih nekat melakukan konvoi dan melaksanakan takbir keliling yang seharusnya menghindari kerumunan, secara tegas Ulung mengatakan, telah menginstruksikan jajarannya untuk membubarkan konvoi, atau perkumpulan yang ada di Kota Bandung.

Baca juga: Pemkot Bandung Berikan 300 Alquran Saat Nuzulul Quran

“Kita tetap persuasif. Artinya kita akan membubarkan, kita akan menutup jalan, nantinya mereka tidak adakan jalan-jalan,” terangnnya.

Adapaun jalan yang ditutup berdasarkan informasi yang dihimpun yakni, Ring pertama ada di dalam kota meliputi Jalan Asia Afrika, Jalan Merdeka, Dipenogoro, Jalan Purnawarman, Stasiun Kereta Bandung, Bandara Husein Sastranegara, Terminal Leuwi Panjang dan Cicaheum.

Kemudian, Ring dua meliputi kawasan gerbang tol Buah Batu, Mohammad Toha, Kopo, Pasir Koja hingga Pasteur dan wilayah lingkar selatan. Dan Ring tiga meliputi wilayah Jalan Setiabuadi‎, Ledeng, Cibeureym, Bundaran Cibiru dan Jembatan Derwati.

Untuk pengamanan pembagian zakat fitrah, Ulung menyebut, Ia bersama dengan Forkompimda Kota Bandung, telah menyetujui seluruh kegiatan yang bersifat menjadikan masyarakat berkumpul sangatlah tidak diperkenankan.

“Kapolsek dan Danramil, sudah berikan pengumuman dan himbauan. (Untuk pembagian zakat) Silahkan langsung diantar, ke rumah masing-masing,” katanya.

Baca juga: Hasil Sidang Isbat: Pemerintah Tetapkan Idul Fitri 1442 H Jatuh Tanggal 13 Mei 2021

Sementara itu, mengenai pelaksanaan Sholat Id, Ulung meminta masyarakat memahami jika saat ini Kota Bandung, Jawa Barat, masih dalam status zona oranye penyebaran Covid-19. Dengan begitu, sesuai aturan pemerintah daerah Provinsi Jabar untuk tidak melaksanakan kegiatan Sholat Id di lapangan.

“Kita ikuti himbauan dari Gubernur Jabar. Karena kita di zona orange, dari sekarang saya minta ke Kapolsek dan Danramil, untuk memberikan woro-woro ke masyarakat, untuk tidak melaksanakan salat Ied dilapangan. Jadi mulai sekarang, kita mulai aturan dari Gubernur,” katanya.

Disinggung soal pergerakan masyarakat untuk melakukan mudik, Ulung mengungkapkan, untuk hari Selasa kemarin, hingga pukul 23.50 malam, sudah ada 350 kendaraan yang harus diputarbalikan, dan beberapa diantaranya terdapat beberapa travel gelap yang menganngkut pemudik. (MSN)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me
Lost your password?

Lost Password