Bahaya Konsumsi Berlebih Minuman Berwarna Bagi Tubuh

HEALTH INSPIRA,- Mengonsumsi minuman manis tentu akan terasa nikmat jika dikonsumsi dalam keadaan yang sangat haus untuk melepas dahaga.

Minuman ringan atau softdrink memiliki beberapa jenis, seperti minuman bersoda, jus buah kemasan, kopi siap minum, hingga air kelapa yang dijual dalam kemasan botol atau kotak.

Namun, kandungan paling besar dari berbagai jenis minuman ringan yaitu air dan gula. Gula yang dipakai untuk meracik minuman dalam kemasan biasanya merupakan pemanis buatan seperti sukrosa.

Sayangnya kebanyakan dari minuman berwarna tidak baik untuk tubuh jika dikonsumsi terlalu sering.

Dilansir dari alodoktoer.com berikut 5 dampak negatif kosumsi minuman manis bagi kesehatan.

1. Menambah Berat Badan

Sebuah studi yang dilakukan selama 20 tahun terhadap 120.000 pria dan wanita, yang terbitkan dalam New England Journal of Medicine, menemukan bahwa orang yang meningkatkan konsumsi minuman manis meski hanya satu porsi per harinya dapat meningkatkan risiko penambahan berat badan dari waktu ke waktu.

Penambahan berat badan secara signifikan dapat tampak setelah 4 tahun, dibandingkan orang yang tidak mengubah atau menambah asupan minuman manis.

2. Diabetes

Kandungan gula yang cukup tinggi dalam minuman manis dapat meningkatkan kadar gula darah dan memperbesar risiko terkena diabetes. Diabetes dapat menyebabkan komplikasi pada ginjal, mata, dan jantung.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi 1-2 gelas minuman manis setiap harinya dapat meningkatkan risiko terjadinya diabetes tipe 2 sebanyak 26%.

3. Meningkatkan Risiko Kanker Pankreas

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2010 oleh University of Minnesota menemukan bahwa minum minuman manis seperti soda sedikitnya dua kali dalam seminggu dapat meningkatkan risiko kanker pankreas hingga 2 kali lipat.

4. Meningkatkan Risiko Serangan Jantung

Sebuah studi yang dilakukan di Harvard terhadap 40.000 peserta selama dua dekade menemukan bahwa, pria yang minum rata-rata satu kaleng minuman manis per hari memiliki risiko 20 persen lebih tinggi terkena serangan jantung dari pada pria yang jarang mengonsumsi minuman manis.

5. Menyebabkan Kerusakan Gigi

Semua minuman ringan dan beberapa minuman olahraga umumnya mengandung pemanis yang dapat mengikis enamel gigi dan menyebabkan kerusakan gigi.

Minuman manis dapat menyebabkan keasaman pada mulut yang merupakan faktor utama dalam pengembangan kerusakan gigi.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me
Lost your password?

Lost Password