Bagaimana Seruan Ibadah Haji Pertama?

RISALAH INSPIRA,- Sebagai rukun Islam yang ke-lima, umat Muslim diperintahkan untuk melaksanakan ibadah haji ke tanah suci bagi yang mampu. Ibadah haji telah dilaksanakan sejak ribuan tahun yang lalu. Lalu sejak kapan sebenarnya ibadah haji ini dimulai?

Dalam Alquran maupun hadis tidak ada yang menerangkang secara terang tentang hal ini. Adapun yang mengabarkan tawafnya Nabi Adam AS, namun status hadisnya masih diperselisihkan. Salah satu hadisnya menerangkan bahwa Nabi Adam pertama kali melakukan ibadah haji dengan tawaf di Baitullah.

Jika merujuk pada awal mula keberadaan Ka’bah yang dibangun oleh Nabi Ibrahim di Kota Makkah seperti yang diterangkan dalam sejumlah ayat di Alquran, Nabi Ibrahim lah yang pertama kali mendapatkan seruan untuk melaksanakan ibadah haji.

Pada saat itu, Nabi Ibrahim mendapatkan perintah dari Allah SWT untuk melaksanakan ibadah haji, sesaat setelah selesai membangun Ka’bah (QS al-Baqarah ayat 125 dan QS Al Hajj ayat 26). Adapula yang mengatakan bahwa beliau ketika itu sedang berdiri di atas Maqam Ibrahim (QS Al Baqarah ayat 127). Ada pula yang mengatakan beliau sedang berada di Bukit Shafa dan ada pula yang mengatakan ketika itu beliau sedang berada di Bukit Shafa dan ada pula yang mengatajan ketika itu beliau sedang berada di jabal Abi Qubais (kini menjadi istana tamu-tamu kerajaan).

وَأَذِّنْ فِي النَّاسِ بِالْحَجِّ يَأْتُوكَ رِجَالًا وَعَلَى كُلِّ ضَامِرٍ يَأْتِينَ مِنْ كُلِّ فَجٍّ عَمِيقٍ

“Dan berserulah kepada manusia untuk mengerjakan haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki, dan mengendarai unta yang kurus yang datang dari segenap penjuru yang jauh.” (Q.S. Al-Hajj : 27)

Mengutip Islampos dari Ayaatul Hajji Fil Quran, Nabi Ibrahim AS ketika mendapatkan perintah ini, Nabi Ibrahim pun kebingungan, bagaimana cara untuk menyeru (adzan) agar manusia dapat menunaikan ibadah haji?

Beliau pun mengeluhkan “Wahai Rabb, bagaimana saya dapat menyerukan sementara suara saya tidak dapat didengar mereka?”

Maka dikatakan (Allah) kepada Ibrahim “Serulah, kami yang akan menyampaikannya.”

Nabi Ibrahim pun menyeru,”Wahai seluruh manusia, sesungguhnya Tuhanmu telah menjadikan baitullah, maka tunaikanlah ibadah haji”

Setelah itu, gunung pun tunduk dan menyebarkan seruan Nabi Ibrahim hingga seluruh manusia mendengarnya

Mereka pun kemudian menjawab “Labbai allahumma labbaik” (Saya penuhi panggilanmu ya Allah.. saya penuhi panggilanmu)

(GIN)

0 Comments

    Leave a Comment

    Welcome! Login in to your account

    Remember meLost your password?

    Lost Password