Bagaimana Seharusnya Umat Muslim Menghadapi Pandemi Covid-19

Ilustrasi

RISALAH INSPIRA,- Kini, kasus Covid-19 di Indonesia semakin melonjak. Beberapa kota ditetapkan menjadi zona merah dan oranye, bahkan ada yang dilabeli sebagai zona hitam. Artiya persebaran virus Covid-19 masih meluas bahkan menguat dengan keberadaan varian virus baru.

Dikutip dari laman Suara Muhammadiyah, Ustadz Setya Rahman  pada dakwahnya mengatakan bahwa masa pandemi ini adalah sebuah ujian dari Allah SWT.

Artinya: “Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai ujian/cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan.” (QS. al-Anbiyaa’ [21]: 35).

Dalam menghadapi ujian ini, pasti setiap orang berusaha untuk menghindarinya dan melewatinya ini dengan ikhtiar yang maksimal. Berikut beberapa prilaku bijaksana untuk menghadapi pandemi Covid-19 dilansir dari laman orami.co.id.

Optimis Percaya Kepada Allah

Cobalah untuk tetap yakin dan optimis dapat melewati ujian ini dengan berpasrah kepada Allah SWT Yang Maha Mnegetahui segala kejadian.

Semua umat muslim selalu percaya bawa Allah SWT tidak memberikan kesulitan diatas kemampuan umat-Nya. Dalam kondisi apapun semua umat muslim harus percaya bahwa Allah SWT akan  membimbing.

Seperti yang dikatakan dalam Al-Quran surh At-Taubah ayat 52,

“Katakan: Tidak ada yang akan menimpa kita kecuali apa yang Allah putuskan untuk kita.”

Pandemi yang sedang dialami ini tidaklah lepas dari kehendak Allah, karena itu, percaya bahwa Allah akan mendatangkan hal baik setelah ujian ini harus diimani oleh setiap muslim.

Sabar dan ikhlas

Kita semua sebagai manusia biasaharus sabar dan ikhlas dalam menghadapi keadaan seperti ini. Perihal berperilaku sabar dan ikhlas adalah dua al yang bijaksana untuk dilakukan oleh semua muslim.

Di sinilah akan tampak kadar keimanan seorang muslim. Seperti dalam surah Al-Baqarah ayat 177:

“Dan, orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan, mereka itulah orang-orang yang benar (imannya), dan mereka itulah orang-orang yang bertaqwa.”

Bersyukur

Umat muslim dalam hal apapun dituntut untuk bersyukur, apalagi pada masa pandemi seperti sekarang diluaran sana banyak yang terkena wabah, tetap bersyukur atas segala keadaan yang dialami.

“Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.” (QS. Al-Baqarah: 152)

Menjalani perilakun hidup bersih dan sehat

Terlepas dari masa pandemi ini, Allah juga menyukai seseorang yang menjaga kebersihannya dan  menjaga perilaku hidup yang sehat. Seperti hal sederhana berwudhu sebelum sholat, mandi, dan membersihkan pakaian.

Perilaku hidup bersih dan sehat ini akan menghindarkan kita dari penyakit. Sebagaimana dikatakan dalam surah Al-Maidah ayat 6.

Diriwayatkan dari Sa’ad bin Al-Musayyib dari Rasulullah Saw. Beliau bersabda:

Sesungguhnya Allah swt. itu suci yang menyukai hal-hal yang suci, Dia Maha bersih yang menyukai kebersihan, Dia Mahamulia yang menyukai kemuliaan, Dia Mahaindah yang menyukai keindahan, karena itu bersihkanlah tempat-tempatmu. Dan jangan meniru orang-orang Yahudi.” (HR. Tirmizi).

Menjaga pola makan yang sehat

Untuk memenuhi kekebalan untuk tubuh yang baik b isa didapatkan dari pola makian yang sehat dan banyak mengonsumsi makanan yang bergizi.

Tertera dalam Al-Qur’an pada surat Al-Baqarah ayat 173-172, setiap muslim wajib untuk mengonsumsi makanan yang sehat.

Wahai orang-orang yang beriman! Makanlah dari rezeki yang baik yang Kami berikan kepada kamu dan bersyukurlah kepada Allah jika kamu hanya menyembah kepadaNya.” (QS. Al Baqarah ayat 172)

Selain hal diatas, jangan lupa untuk memenui protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah yaitu seperti memakain masker, menjaga jarak, mencuci tangan, untuk menjaga kesehatan dan keselamatan diri juga orang lain. (RISAL)

0 Comments

    Leave a Comment

    Welcome! Login in to your account

    Remember meLost your password?

    Lost Password