Janji Allah SWT Pada Hamba yang Bertakwa dan Doa Agar Diberi Ketakwaan

ilustrasi-risalah2

RISALAH INSPIRA,- Seringkali kita merasa malas saat akan menjalankan ibadah, bahkan ibadah wajib sekalipun.Biasanya rasa malas itu hadir dari masalah-masalah duniawi.

Allah SWT memerintahkan kita untuk mengikuti perintahnya dan menjauhi larangannya. Bahkan Allah SWT menjanjikan pada hambaNya yang bertakwa dengan diberi kemudahan dalam segala urusannya.

وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مِنْ أَمْرِهِ يُسْرًا

“Wa man yattaqillaha yaj’al lahu min amrihi yusran.”

“Dan barang siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya.”

Untuk itu, seseorang harus bertakwa kepada Allah SWT dan tidak boleh menunda dan tidak menunggu hari esok untuk melakukan apa yang diinginkan.

Sedangkan sikap menunda sejatinya adalah pekerjaan iblis. Untuk itu seorang Muslim dianjurkan untuk memperbaiki masalah kemalasan atas penundaan tersebut.

Berikut adalah doa menangkal kemalasan dalam beribadah yang merujuk berdasarkan hadits Nabi. Dari sahabat Anas bin Malik RA, dia berkata, Rasulullah SAW pernah berkata:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ العَجْزِ وَالكَسَلِ، وَالجُبْنِ وَالبُخْلِ وَالهَرَمِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ القَبْرِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ المَحْيَا وَالمَمَاتِ

“Allahumma inni audzubika minal-ajzi wal-kasal, waljubni wal-bukhli wal-harami, wa audzubika min adzabil-qabri, wa audzubika min fitnati al-mahya wal-mamati.”

“Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan rasa malas, rasa takut, kejelekan di waktu tua, dan sifat kikir. Dan aku juga berlindung kepada-Mu dari siksa kubur, serta bencana kehidupan dan kematian.”

(GIN)

Welcome! Login in to your account

Remember meLost your password?

Lost Password