Asal-Usul Game Offline Dinosaurus di Chrome

t-rex chrome

GAME INSPIRA,- Pasti Anda sudah tak asing dengan sebuah mini-game di aplikasi Chrome. Permainan di mana kita mengendalikan seekor dinosaurus berjenis T-Rex untuk mendapatkan poin.

Permainan offline pada halaman Chrome ini merupakan semacam proyek untuk menghibur pengguna gawai yang tidak dapat terhubung ke jaringan internet. Ide untuk membuat game ini ditemukan pada awal tahun 2014, dan dirilis di tahun yang sama.

Sejak peluncurannya, game ini telah dimainkan oleh banyak orang. Tim pembuat mengatakan, permainan ini telah dimainkan lebih dari 270 juta kali setiap bulan, baik di komputer maupun telepon genggam.

Insinyur Chrome, Edward Jung mengungkapkan bahwa sebagian besar pemain berasal dari daerah dengan data seluler yang tidak dapat diandalkan atau mahal, seperti India, Brasil, Meksiko atau Indonesia.

Permainan ini bisa berjalan hingga 17 juta tahun lamanya, sama seperti perkiraan waktu T-Rex hidup di Bumi. Nama awal dari permainan ini adalah Project Bolan yang diambil dari nama vokalis band rock tahun 1970-an, T-Rex.

“Permainan dinosaurus ini bermakna kembali ke zaman pra-sejarah, saat di mana kita belum mengenal Wi-Fi,” ujar Desainer Chrome, Sebastian Gabriel, dilansir dari MCV, Jumat (24/9).

Desainer lainnya, Alan Bettes mengatakan karakter T-Rex pada permainan ini sengaja dibuat dalam bentuk piksel dan memiliki gerakan kaku karena ingin memberikan sensasi ala video game jadul kepada pengguna.

Permainan ini dapat dimainkan dengan menekan tombol spacebar pada keyboard komputer, atau mengetuk layar ponsel untuk membuat dinosaurus tersebut lompat. Kita pun dapat menekan tombol panah bawah pada keyboard komputer untuk membuatnya menunduk.

Pihak pembuat mengungkapkan tidak ada akhir dalam permainan ini. Akan tetapi, permainan akan mereset sendiri ke nol setelah pemain mencapai skor maksimal, yakni 99.999.

Permainan ini selalu muncul setiap kali penggunan tidak dapat terhubung ke internet. Namun, jika kamu ingin memainkannya tanpa menunggu internet terputus, kamu bisa mengunjungi tautan chrome://dino di Chrome. (SON)

 

Penulis: Anastasya Murti
Editor: Wira Aditama

Welcome! Login in to your account

Remember meLost your password?

Lost Password