Anjuran Masker Dobel Saat Krisis Pandemi, Begini Aturan Pakainya

HEALTH INSPIRA,- Tengah ramai beredar di masyarakat tentang penggunaan masker double untuk mengurangi risiko terinfeksi virus COVID-19.

Penggunaan masker yang dianjurkan adalah dengan menggunakan masker medis di bagian dalam dan di bagian luar ditambah masker kain. Anjuran memakai double masker ini dapat meningkatkan filtrasi sehingga dapat meningkat perlindungan dan menurunkan resiko pernularan virus COVID-19.

Salah satu protokol kesehatan yang paling banyak berkembang yaitu aturan mengenai penggunaan masker. Di awal masa pandemic, pemakaian masker hanya diwajibkan bagi orang yang sedang sakit saja.

Masker sempat mengalami kelangkaan karena sebagian besar masyarakat berbondong-bondong membeli masker medis untuk stok. Dari kejadian itu masker medis mengalami kenaikan harga.

Menggunakan masker double sebenarnya hanya satu dari beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk meningkatkan perlindungan pada masker dalam memberikan perlindungan.

Ada cara atau jalan lain untuk menggunakan masker secara efektif yaitu dengan membuat simpul pada bagian kanan dan kiri masker medis sehingga bisa terbentuk seperti KN95 yang dapat menahan partikel masuk hingga 77%.

Infografis: Antara

Dari beredarnya kabar tentang penggunaan double masker dalam meningkatkan penurunan resiko terinfeksi COVID-19, salah satu dokter di Medical Science Kobe University di Instagram menjelaskan efektifitas penggunaan double masker.

“Menggunakan masker double yaitu masker medis. Di bawah masker kain dapat meningkatkan keketatan dan fitrasi masker yang terbukti lebih efektif. Untuk menyaring droplet yang berasal dari saluran napas,” jelas Adam.

Penggunaan masker yang benar sangatlah penting. Oleh karena itu, dianjurkan untuk menggunakan masker dengan sebaik-baiknya. (RIS/SON)

0 Comments

    Leave a Comment

    Welcome! Login in to your account

    Remember meLost your password?

    Lost Password