Anak Usia Dibawah 12 Tahun Kini Boleh Masuk Mal

BANDUNG INSPIRA,- Anak usia 12 tahun kebawah kini boleh memasuki pusat perbelanjaan di Kota Bandung. Aturan tersebut telah ditetapkan Satuan Gugus Tugas (Satgas) Kota Bandung yang akan diimplementasikan lewat Peraturan Wali Kota (Perwal).

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung, Elly Wasliah usai menghadiri acara Bandung Menjawab, Selasa (21/9/2021). Elly mengatakan, saat ini Perwal yang mengatur tentang anak usia dibawah 12 tahun dapat masuk ke mal masih dalam proses. Ditegaskannya, peraturan tersebut mengacu kepada Intruksi Mendagri nomor 43 tahun 2021 tentang PPKM.

“Iya kalau peraturan Wali Kota Bandung inline dengan Inmendagri, Nomor 43 tahun 2021 sudah keluar yang memperbolehkan anak 12 tahun masuk pusat perbelanjaan. Tetapi kita harus tetap tunggu perwal sedang diproses hari ini. Jadi saya sampaikan tetap harus menunggu perwal ke teman teman,” ujar Elly kepada wartawan di Balaikota Bandung, Selasa (21/9/2021).

Dikatakan Elly, kebijakan inmendagri terkait anak usia dibawah 12 tahun bisa masuk ke mal mulai berlaku hari ini. Namun untuk Kota Bandung sendiri masih akan menunggu peraturan Wali Kota Bandung yang masih disusun.

“Waktu uji coba pembukaan mal waktu itu di Kota Bandung beda dengan Jakarta, Semarang mundur satu hari karena menunggu Perwal. Uji coba pembukaan mal harus selasa di Bandung, baru Rabu karena menunggu Perwal,” paparnya.

Lebih jauh ia mengungkapkan, meski anak usia dibawah 12 tahun dapat masuk ke mal, Elly menegaskan untuk wahana permainan anak di dalam mal masih ditutup. Sebab berdasarkan Inmendagri wahana tersebut masih dilarang untuk buka.

“Itu dilarang masih sesuai dengan Inmendagri Nomor 43, bahwa area tempat bermain anak masih ditutup kita harus patuhi itu,” paparnya.

Sementara itu, Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan pihaknya akan mempersiapkan pengawasan terkait sudah diperbolehkan anak usia dibawah 12 tahun masuk ke mal atau pusat perbelanjaan. Kebijakan yang akan dikeluarkan akan menyesuaikan dengan kondisi di Kota Bandung.

“Insya Allah tentu akan mempersiapkan diri sesuai kondisi eksisting hari ini seperti apa. Kita siapkan terus. Pengawasan pun tetap dan rutin dilaksanakan,” tandasnya. (TRI/GIN)

Welcome! Login in to your account

Remember meLost your password?

Lost Password