Amalan Malam Lailatul Qadar Bagi Wanita Haid

Ilustrasi: Pixabay

RISALAH INSPIRA,- Malam lailatul qadar menjadi malam yang dinanti-nanti oleh umat muslim. Karena pada malam yang istimewa ini terdapat banyak keistimewaan yang akan kita dapakan.

Malam yang lebih baik dari 1000 bulan ini biasanya datang di malam-malam ganjil 10 hari terakhir. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

“Carilah malam lailatul qadar di malam ganjil dari sepuluh terakhir bulan Ramadhan.” (HR. Imam Bukhari).

Memasuki sepuluh hari  terakhir Ramadan ini Rasulullah SAW fokus untuk beribadah. Dalam hadits riwayat Aisyah ra menjelaskan:

“Ketika memasuki sepuluh akhir Ramadan, Nabi fokus beribadah, mengisi malamnya dengan ibadah, dan membangunkan keluarganya untuk ikut ibadah,” (HR Al-Bukhari).

Maka dari itu, bagi setiap muslim yang menikmati bulan Ramadan ini setidaknya memanfaatkan hari-hari terakhir dari Ramadan ini sebagaimana Rasulullah SAW dengan memperbanyak ibadah baik lelaki maupun perempuan.

Syekh Nawawi asal Banten pernah menuliskan ibadah atau amalan yang dilakukan dalam meraih malam Lailatul Qadar pada kitab Nihayatuz Zain.

“Tingkatan menghidupkan lailatul qadar ada tiga. Yang tertinggi adalah menghidupkan lailatul qadar dengan shalat. Sedang tingkatan yang sedang adalah menghidupkan lailatul qadar dengan zikir. Tingkatan terendah adalah menjalankan shalat Isya dan Subuh berjamaah,” (Lihat Syekh Nawawi Banten, Nihayatuz Zain, Beirut, Darul Fikr, halaman 198).

Kemudian, amalan apa yang harus dilakukan wanita haid karena terbatas tak bisa melakukan shalat?

Wanita haid masih bisa melakukan amalan-amlan atau ibadah yang dapat dilaksanakan (tak dilarang). Jika mengacu pada tulisan Syekh Nawawi, wanita haid dapat melakukan amalan ibadah tingkatan kedua yakni dengan berzikir, berdoa, dan beristigfar.

Dalam surat AL Qadr ayat empat dinyatakan bahwa malaikat turun saat malam Lailatul Qadr. Dan ketika malaikat turun melingkupi seseorang maka dia akan senang dengan apapn bentuk kebaikannya.

Jadi bagi seluruh umat muslim yang melakukan kebaikan aapun itu, dipastikan akan mengantarkannya pada kemuliaan malam lailatul qadar. (GIN)

0 Comments

    Leave a Comment

    Welcome! Login in to your account

    Remember meLost your password?

    Lost Password