Akhirnya Setelah 15 Tahun, Microsoft Akan Ganti Font Default Calibri

TEKNO INSPIRA,- Setelah menjadi font default untuk Microsoft selama lebih dari satu dekade, Calibri akhirnya akan digantikan oleh salah satu dari lima font baru.

Seperti diketahui, Calibri adalah font bawaan (default) yang jadi andalan Microsoft Office sejak 2007, menggantikan pendahulunya Times New Roman.

Sebagai gantinya, pihak Microsoft telah menyiapkan lima font asli baru. Namun dalam prosesnya, mereka meminta bantuan pengguna dengan mengadakan survei kecil-kecilan di halaman Twitter. Pengguna diminta menyebutkan mana yang paling disukai.

Lima font yang akan dipertimbangkan antara lain:

Bierstadt, dibuat oleh Steve Matteson
Grandview, dibuat oleh Aaron Bell
Seaford, dibuat oleh Tobias Frere-Jones dan Nina Stössinger
Skeena, dibuat oleh John Hudson dan Paul Hanslow
Tenorite, dibuat oleh Erin McLaughlin dan Wei Huang

“Dalam menyongsong arah baru, kami telah menyiapkan lima font kustom asli untuk menggantikan Calibri sebagai default,” kata Microsoft dalam blog resminya, sebagaimana dilaporkan Wired pada Senin (3/5).

Uniknya, rencana mengganti font defaut ini justru disambut baik oleh pencipta Calibri, Lucas de Groot. Ia menyebut perubahan ini sedikit “melegakan” baginya.

”Saya merancangnya di tahun 2000-an, dan dengan sangat tergesa-gesa. Saya sudah memiliki beberapa sketsa, jadi saya menyesuaikannya dan menambahkan sudut membulat agar ada kesan ‘desain’ di dalamnya.”

Menurut Lucas, font Calibri dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan membaca di depan layar.

Meskipun tidak sepopuler Helvetica, Calibri masih akan dianggap sebagai salah satu font klasik, sebagaimana sang pendahulu Times New Roman. (SON)

0 Comments

    Leave a Comment

    Welcome! Login in to your account

    Remember meLost your password?

    Lost Password