67 Perguruan Tinggi Meriahkan Event Polban KPI 11 Tahun Ini

Foto: Istimewa

BANDUNG INSPIRA,- Politeknik Negeri Bandung  kembali menggelar Kompetisi Parawisata Indonesia untuk yang ke 11 kalinya. KPI 11 ini merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh para mahasiswa D3 Usaha Perjalanan Wisata Jurusan Administrasi Niaga Polban.

Event ini berbentuk kompetisi antar mahasiswa di Indonesia dengan mempertandingkan mata lomba terkait kompetensi kepariwisataan pada konsentrasi perjalanan wisata, hospitality dan pariwisata. Terdapat pula mata lomba pendukung (non-kepariwisataan) yang dapat diikuti mahasiswa umum. KPI 11 memperebutkan piala bergilir Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

“Kompetisi event parawisata yang bertaraf nasional yang diselenggarakan setiap tahunnya. KPI ini sudah dilaksanakan dari tahun 2009 dan sudah terselenggara sebanyak 11 kali. Pada tahun 2020 kemarin itu batal diselenggarakan, karena pandemi Covid-19 sehingga di tahun bisa diselenggarakan dengan menyesuaikan kondisi di tahun ini,” kata Ketua Pelaksana KPI 11 Azizah Salsabila, melalui pernyataan tertulis, Kamis (1/7/2021).

Baca juga: Astagfirullah, Wanita Ini Bongkar Pesugihan di Kawasan Pondok Indah

Event kompetisi kali ini diselenggarakan secara virtual, dengan mengambil 10 mata lomba yang dibagi menjadi dua kategori, yakni kompetisi khusus tourism dan kompetisi umum.

Menurut Azizah, kompetisi ini bertujuan untuk bench-marking kompetensi kepariwisataan antar perguruan tinggi di Indonesia, sehingga berdampak pada peningkatan kualitas kurikulum kepariwisataan yang lebih baik setiap tahunnya. Dampak jangka panjang yaitu peningkatan mutu lulusan perguruan tinggi kepariwisataan yang semakin sesuai dengan kebutuhan industri.

“Tujuannya untuk mendukung program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia dalam penguatan pendidikan vokasi dan juga aplikasi dari kampus merdeka belajar. Lalu mendukung program Kementerian Parawisata dan Ekonomi Kreatif RI dalam mengembangkan sumber daya manusia di bidang parawisata yang berbasis ekonomi kreatif  dan teknologi digital,” papar Azizah.

Sementara itu, Ketua Divisi Marketing KPI 11, Siti Mutmainah, mengatakan untuk tahun ini pihaknya berhasil mengumpulkan 67 perguruan tinggi dari 16 provinsi di Indonesia. Kendati situasi saat ini yang sedang dilanda pandemi, kegiatan ini sukses diikuti oleh 408 peserta yang tersebar di 16 provinsi tersebut.

Baca juga: Presiden Jokowi Sampaikan PPKM Darurat Dimulai 3-20 Juli

“Harapannya bagi para peserta di kompetisi tahun ini bisa lebih semangat dalam emngembangkan potensi yang dimiliki dan bisa memberikan yang terbaik untuk nama baik instansi dan nama baik pribadi. Dan kita juga mendapatkan banyak pelajaran dalam membuat event tingkat nasional dan evaluasi untuk penyelenggaraan KPI di tahun selanjutnya,” harap Siti.

Sementara itu Pembina Teknis KPI 11, Eko Susanto mengungkapkan, juri yang dilibatkan dalam kompetisi ini berasal dari unsur praktisi dan pengurus asosiasi kepariwisataan seperti ASITA, HPI, ASPERAPI, PHRI, IHGMA, AELI serta unsur akademisi dalam rangka membangun kompetisi yang objektif, adil dan profesional.

“Semoga KPI 11 yang dilaksanakan ditengah pandemi bisa memberikan rasa untuk tetap optimis, bersiap membangun kompetensi di tengah tantangan industri kepariwisataan masa kini. KPI 11 hadir untuk memberikan pesan bahwa insan-insan pariwisata berkomitmen untuk tetap berkontribusi positif terhadap kemajuan bangsa, dan semoga Kompetisi Pariwisata Indonesia dapat terselenggara dengan lebih baik di tahun-tahun berikutnya,” harapnya. (MSN)

0 Comments

    Leave a Comment

    Welcome! Login in to your account

    Remember meLost your password?

    Lost Password