5 Keutamaan Membaca Surat al-Waqiah

ilustrasi-risalah

RISALAH INSPIRA,- Al-Waqiah merupakan surat dalam Quran yang paling sering dibaca oleh Rasulullah SAW. Karena, di dalamnya mengandung banyak keutamaan. Surah al-Waqiah termasuk surat Makkiyah, terdiri dari 96 ayat, termasuk surah ke-56 dalam al-Quran, dan memiliki makna ‘Hari Kiamat’.

Surah al-Waqiah menceritakan tentang bagaimana hari Kiamat terjadi. Selain itu, terdapat keterangan tentang penciptaan manusia, api, dan segala jenis tumbuhan, sekaligus menerangkan kekuasaan Allah SWT, serta akan ada kebangkitan yang benar adanya.

Rosulullah SAW Bersabda:

من قرأ سورة الواقعة في كل ليلة لم تصبه فاقة أبدا

“Barang siapa membaca surah Al Waqiah setiap malam, maka dia tidak akan jatuh miskin selamanya.” (HR Baihaqi)

Baca juga: 4 Kisah yang Terkandung dalam Surat Al-Kahfi

Berikut ini keutamaan membaca surah al-Waqiah:

1. Dijauhkan Dari Kemiskinan

JIka diantara kalian membiaasakan diri untuk membaca surah Al-Waqiah sebanyak satu kali setiap malam, maka dia di jauhkan dari kemiskinan dan akan mendapatkan pahala yang besar.

Selain itu, perbanyak sedekah dan amalan surah ini pada pagi dan petang, insya Allah akan berhasil

2. Memperolah Kekayaan Berlimpah

Keutamaan surah Al-Waqiah yaitu mendapatkan kekayaan yang banyak. Jika, membaca surah Al-Waqiah sebanyak 14 kali setiap selesai menunaikan ibadah sholat ashar.

3. Ditunaikan Hajatnya

Jika kita ingin memiliki hajat dan ingin cepat diperoleh, maka bisa membaca surah Al-Waqiah sebanyak 41 kali dalam sekali duduk.

Insya allah akan mengabulkan semua keingingan yang dimohonkan terutama yang berhubungan dengan rezeki.

4. Jadi Hartawan yang Dermawan

Ketika membaca Surah Al-Waqiah sebanyak 3 kali sesuda menunaikan sholat subuh dan 3 kali sesudah sholat isya, dan menjadi kebiasaaan, maka insya Allah akan memiliki banyak hartan dan dermawan.

5. Mendapatkan Syafaat Hari Kiamat

Orang yang rajin membaca Surah Al-Waqiah, maka akan mendapatkan syafaat di hari kiamat yang sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan Imam Muslim.

Imam Ja’fat Ash-Shadiq berkata: “Barang siapa yang merindukan surga dan sifatnya, maka bacalah surah al-Waqiah; dan barang siapa yang ingin melihat sifat neraka maka bacalah surah as-Sajadah.” (SON)

Welcome! Login in to your account

Remember meLost your password?

Lost Password