5 Jenis Perawatan Tubuh Perempuan yang Dilarang dalam Islam

RISALAH INSPIRA,- Memiliki paras yang menarik dan tubuh ideal merupakan dambaan bagi kaum perempuan. Tidak heran jika perempuan memperhatikan perawatan kecantikannya, mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki. Hal ini tentu saja baik jika dilakukan dengan tujuan untuk merawat diri.

Merawat tubuh juga menjadi salah satu bentuk rasa syukur terhadap apa yang sudah diberikan oleh Allah SWT.

Allah SWT berfirman dalam hadits qudsi: “Wahai anak adam, bahwa selama engkau mengingat Aku, berarti engkau mensyukuri Aku, dan apabila engkau melupakan Aku, berarti engkau telah mendurhakai Aku!” (H.R Thabrani)

Namun, merawat kecantikan tetap perlu memperhatikan kaidah agama bagi seorang muslimah. Karena, tanpa kita sadari ada beberapa perawatan kecantikan yang ternyata tidak dianjurkan dalam islam. Berikut beberapa di antaranya:

1. Menyambung Rambut dan Tanam Bulu Mata

Rasulullah SAW menjelaskan dalam hadits, bahwasanya umat muslim memang tidak diperbolehkan menyambung rambut. Laknat Allah SWT untuk mereka yang menyambung rambut.

Abu Hurairah meriwayatkan dalam hadistnya: “Allah SWT melaknat perempuan yang menyambung rambut dan meminta untuk disambung rambutnya.” (H.R Bukhari)

Banyak perempuan yang mungkin tidak menyadari hal ini, hingga masih melakukannya. Namun, setelah mengetahuinya, usahakan agar kamu mulai melepas jenis perawatan tersebut. Lebih baik, merawat rambut dan bulu mata dengan bahan alami.

2. Mewarnai Rambut dengan Warna Hitam

Mewarnai rambut dengan warna hitam itu tidak dianjurkan oleh islam, baik untuk laki-laki maupun perempuan. Jika rambut telah beruban, maka diperbolehkan mewarnai rambut dengan warna lain, kecuali hitam.

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Ubahlah uban ini dengan sesuatu, tetapi hindarilah warna hitam.” (H.R Muslim)

3. Merenggangkan atau Meruncingkan Gigi Demi Kecantikan

Islam melarang umat muslim merenggangkan atau meruncingkan giginya, karena dianggap mengubah ciptaan Allah SWT. Tetapi, jika untuk perawatan boleh dilakukan dengan tujuan untuk kesehatan. Misalnya, merenggangkan gigi karena banyak makanan yang sering terselip dan membuat gigi bolong. Namun, jika tujuannya hanya untuk mempercantik diri, itu dilarang.

Shahih Sunan An-Nas’al dari hadits Abdullah bin Mas’ud berkata:

“Rasulullah SAW melaknat orang-orang yang memasang tato, menajamkan gigi, mencabut alis, dan yang mengubah ciptaan Allah.” (H.R An-Nasa’l 5253 dan dishahihkan oleh Syaikh al-Albani dalam shahih Sunan An-Nasa’i)

4. Mencukur atau Mencabut Alis

Pada dasarnya, dalam islam perempuan memang tidak diperbolehkan mencukur alis. Namun, banyak perempuan muslimah yang belum menyadari hal ini,sehingga mereka masih mencukur alis dan membentuknya agar bisa terlihat lebih menarik.

“Nabi SAW melaknat perempuan yang menghilangkan bulu alis dan yang meminta dihilangkan bulu aslinya.” (H.R Abu Dawud dan diriwayatkan H.R Bukhari dan Muslim.

5. Memakai Produk Kecantikan yang Haram

Banyak produk kecantikan yang tersebar saat ini, sehingga membuat banyak perempuan kesulitan mengetahui asal muasal produk tersebut. Oleh karena itu, para muslimah harus lebih berhati-hati lagi dalam memilih produk kecantikan.

Pilih yang sudah memiliki dan sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Dengan begitu, makeup pun akan aman ketika dikenakan saat sholat. (SON)

 

Penulis: Hardiyanti novi
Editor: Agia Aprilian

Welcome! Login in to your account

Remember meLost your password?

Lost Password