5 Aksi Loki Paling Nakal dalam Legenda Mitologi Nordik

SAINS INSPIRA,- Loki adalah salah satu dewa paling terkenal dalam sejarah mitologi Nordik, dan berkat Marvel Universe, dia juga jadi salah satu yang paling populer di zaman modern.

Loki si Dewa Penipu dikenal dengan kejenakaan nakal dan tipu dayanya yang licik. Ia membantu dan menghalangi dewa dan kesetiaannya selalu diragukan. Ia tidak bisa dikatakan baik, namun keliru jika menyebutnya jahat. Loki memilih untuk mendefinisikan dirinya sendiri.

Berikut daftar “aksi jahil” Loki yang kami himpun dari laman History.

1. Biang Keladi Kematian Baldr

Baldr adalah putra Odin sekaligus saudara tiri Thor. Dia adalah dewa cahaya dan kemurnian yang digambarkan sebagai dewa adil, baik, dan tampan.

Meskipun diyakini abadi, sebuah ramalan menyatakan bahwa suatu hari Baldr akan mati. Untuk mencegah ramalan itu terjadi, ibunya, Frigg, mengunjungi setiap entitas di kosmos dan membuat mereka bersumpah untuk tidak menyakiti putranya.

Naasnya, Frigg lupa mempertimbangkan mistletoe, tanaman parasit yang dianggapnya terlalu kecil dan tidak cukup berbahaya untuk mengancam kehidupan Baldr.

Kesalahan fatal ini segera sampai ke telinga loki.

Setelah mengukir panah dari bahan mistletoe,  ia menyerahkan panah itu kepada saudara tiri Baldr yang buta, Höðr, dan menantangnya untuk melemparkan panah itu ke arah kerabatnya.

Höðr pun melemparnya tanpa ragu, karena ia percaya bahwa tidak ada yang bisa menyakiti saudara tirinya. Panah itu dengan fatal menembus dada Baldr dan ia pun mati.

2. Membuat Gagang Palu Thor Lebih Pendek

Merasa suntuk dan tidak ada aktivitas, Loki memutuskan untuk mengejek dua kurcaci bersaudara yang dikenal sebagai Brokkr dan Eitri, dengan mengklaim bahwa mereka tidak akan pernah bisa membuat sesuatu yang spektakuler seperti anak-anak Ivaldi. Loki bahkan rela bertaruh soal klaimnya ini.

Dengan semangat berapi-api, kurcaci bersaudara itu pun mulai bekerja untuk membuat palu milik Thor bernama Mjöllnir. Namun, bukan Dewa Penipu namanya jika tidak berulah. Ia dengan iseng berubah menjadi lalat, lalu menggigit dan mengganggu kedua saudara itu saat mereka bekerja. Prank-nya ini lantas menyebabkan gagang palu Mjöllnir menjadi lebih pendek dari yang seharusnya.

Lucunya, ketika Loki mempersembahkan hadiah kepada dewa-dewa lain, mereka semua sepakat bahwa palu itu merupakan kreasi terbaik yang pernah mereka lihat.

3. Merusak Pesta Aegir

Aegir, si raksasa laut, mengadakan pesta megah bagi seluruh dewa air. Pesta yang harusnya menjadi waktu untuk bersenang-senang dengan cepat dirusak oleh kehadiran Loki.

Loki iri dengan pujian yang dilontarkan pada dua pelayan Aegir, Fimafeng dan Eldir. Kecemburuan Loki berubah menjadi kemarahan, dan dia pun memutuskan untuk membunuh Fimafeng. Peristiwa ini sontak menyulut emosi para dewa lain dan mengusirnya dari aula pesta.

Tak lama kemudian, Loki berhasil masuk kembali. Bukannya menyesali tindakannya, ia malah berpikir untuk sedikit “membumbui” pesta tersebut. Ia menghina orang-orang di sekitarnya. Tak ada satu pun dewa yang lolos dari lidah pedasnya. Ia menyebut Thor pengecut, Odin bidat, Frigg pelacur, Freya penyihir inses dan Tyr seorang istri yang selingkuh.

4. Menjahili Istri Thor

Sif, istri Thor, adalah dewi bumi berambut emas. Legenda menyebutkan bahwa kuncir emasnya mengambai di punggungnya bagaikan “ladang jagung”, sesuatu yang sering dibanggakan oleh Thor.

Suatu hari, ketika sedang bosan, Loki memutuskan untuk menjalankan aksi usilnya. Menyelinap ke kamar Sif yang sedang tidur, ia memotong kuncirnya yang terkenal itu.

Meskipun Loki menganggap ini lucu, Thor jelas tidak.

Takut dihabisi oleh amukan Dewa Petir yang mengamuk, Loki lantas memohon kepada Thor untuk memberinya kesempatan menebus dosa.

Thor pun setuju.

Loki lalu turun ke Bumi dan mencari kurcaci yang ahli di bidang kerajinan. Ia menyuruh mereka untuk membuat hiasan kepala dari rambut emas sebagai permintaan maafnya kepada Sif.

5. Menipu Tukang Bangunan

Suatu hari, seorang tukang bangunan raksasa menghadap para dewa dan menawarkan untuk membangun tembok pelindung besar di sekitar Asgard, rumah para dewa Æsir. Sebagai imbalannya, dia meminta Matahari, Bulan dan dewi Freya.

Para dewa pun menyetujuinya, dengan syarat bangunan harus beres di hari pertama musim panas. Karena tidak percaya raksasa itu bisa menyelesaikan tugas dengan waktu sesingkat itu, mereka duduk dengan puas dan menyaksikannya bekerja.

Namun secara mengejutkan, raksasa dan kuda jantan kepercayaannya, Svadilfari, mengerjakan tugas itu dengan mudah.

Ketika hari pertama musim panas mendekat, bangunan tembok hampir selesai. Karena takut kehilangan Freya, para dewa dengan cepat memutuskan untuk menyabotase upaya sang raksasa.

Masuklah Loki.

Ia mengubah dirinya menjadi kuda betina, lalu menggoda si kuda jantan untuk menjauh dari tugasnya. Menyadari dirinya telah dicurangi, raksasa itu kemudian menyerang para dewa sebelum akhirnya dihadang dan dibunuh oleh Thor. (SON)

3 Comments

  • Dalene Reply

    July 24, 2021 at 11:02 pm

    Greetings! Very helpful advice within this article! It’s the little changes that will make the biggest changes.
    Thanks a lot for sharing!

  • Williamsat Reply

    July 27, 2021 at 7:13 pm

    free adult dating
    [url=”http://datingsitesover.com/?”]tree ring dating dendrochronology[/url]

  • gay guy dating mtf Reply

    August 3, 2021 at 5:39 am

    You’ve got among the finest websites. https://gaydatingzz.com/

Leave a Comment

Welcome! Login in to your account

Remember meLost your password?

Lost Password