3 Surat dalam al-Quran yang Memiliki Khasiat Khusus

ilustrasi-risalah2

RISALAH INSPIRA,- Al-Quran merupakan kitab suci umat muslim yang dijadikan pedoman untuk menjalani kehidupan. Di dalamnya terdapat surat-surat yang memiliki arti dan manfaat bagi manusia. Berikut 3 surat dalam kitab suci al-Quran yang memiliki manfaat dan khasiat khusus:

1. Surat al-Mulk

Surat Al-Mulk diketahui menjadi salah satu surat yang memiliki khasiat khusus. Surat yang terdiri dari 30 Ayat ini memiliki arti ‘Kerajaan’, terdiri dari 30 ayat dan termasuk kedalam surat Makkiyah. Waktu yang tepat untuk membaca surat ini adalah setiap hari sebelum tidur.

Dikatakan dengan membaca surat Al-Mulk, seorang muslim akan mendapatkan syafa’at serta akan diampuni dosa-dosanya oleh Allah, surat ini menjadi salah satu surat yang bisa menyelamatkan dari siksa kubur dan dapat memberikan syafaat pada hari kiamat juga mengeluarkan pembacanya dari neraka kemudian dimasukkan ke surga.

2. Surat al-Waqiah

Surat Al-Waqiah merupakan surat ke-56 dan terdiri dari 96 ayat. Surat ini termasuk golongan surat Makkiyah dan memiliki arti ‘Kiamat’ yang diambil dari bunyi ayat pertamanya dan berisi tentang bagaimana hari kiamat akan terjadi juga balasan bagi orang mukmin dan kafir. Selain itu, didalamnya menerangkan tentang penciptaan manusia, api, dan berbagai jenis tumbuhan.

Salah satu khasiat membaca surat al waqiah adalah untuk memperlancar rezeki dan dihindarkan dari kemiskinan, memperoleh kekayaan dan rezeki berlimpah, juga akan dikabulkannya seluruh keinginan yang berhubungan dengan rezeki. Waktu yang tepat untuk membaca surat ini adalah setelah salat dhuha dan salat tahajud. Surat ini juga dapat dibaca sebelum tidur dan dilanjut dengan surat al-mulk agar hati tenang.

3. Surat ar-Rahman

Surat lain dalam Al-Quran yang memiliki khasiat khusus adalah Ar Rahman, surat yang terdiri dari 78 ayat ini memiliki arti ‘Yang Maha Pemurah’. Ar Rahman ini juga merupakan salah satu dari 99 asmaul husna atau nama-nama Allah, didalamnya menjelaskan mengenai makna mendalam mengenai nikmat yang diberikan oleh Allah kepada makhluknya.

Dalam surat ini terdapat ayat yang diulang sebanyak 31 kali, ayat tersebut adalah Fa biayyi ala’i rabbikuma tukazziban yang artinya, ‘Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?’

Ayat ini ditemukan pada akhir setiap ayat yang menjelaskan tentang nikmat Allah kepada makhluknya.

Dengan membaca surat Ar Rahman secara rutin kita akan mendapatkan manfaat yaitu selalu mengingat akan Allah, memperoleh Ridha Allah, memperoleh Syafaat pada hari kiamat, dan dapat meningkatkan rasa syukur. (NAD/SON)

0 Comments

    Leave a Comment

    Welcome! Login in to your account

    Remember meLost your password?

    Lost Password