16 Besar Euro 2020: Denmark Singkirkan Wales 4-0

SPORT INSPIRA,- Dua gol dari Kasper Dolberg, satu dari Joakim Maehle dan satu dari Martin Braithwaite membuat dongeng Denmark berlanjut ke perempatfinal Euro 2020 setelah keempat gol itu membuat Denmark meluluhlantakkan Wales 4-0 dalam pertandingan 16 Besar antara kedua tim di Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Sabtu waktu setempat.

Gol pertama Denmark tercipta pada menit 27 dari kerjasama rapi yang dirancang dari sayap ketika bek kiri Joakim Maehle meneruskan bola kepada Mikkel Damsgaard yang kemudian dikirimkan kepada mantan pemain Ajax Amsterdam Kasper Dolberg.

Dari luar kotak penalti dan menghadapi blokade bek Wales, Dolberg melepaskan tendangan melengkung keras ke arah kanan gawang Wales yang tak bisa dihalau kiper Danny Ward.

Dia menggandakan keunggulan Denmark pada menit ke-48 menyambut bola liar setelah Wales gagal menghentikan umpan menyusul tusukan sayap kanan yang berasal dari partner serang Dolberg, Martin Braithwaite.

Braithwaite sempat gagal memanfaatkan peluang untuk menambah keunggulan Denmark, namun Maehle tidak menyianyiakan peluang yang datang ke kakinya untuk menciptakan gol ketiga Denmark pada menit ke-88.


Baca juga: 16 Besar Euro 2020: Italia Bungkam Austria di Babak Extra Time

Wales terlihat frustasi selain karena terus ditekan juga karena tak kunjung bisa menembus pertahanan kolektif Denmark, sampai akhirnya Harry Wilson sengaja mengambil kaki Maehle pada menit tambahan sehingga dihadiahi kartu merah langsung oleh wasit.

Braithwaite akhirnya mendapatkan golnya pada menit 90+4 setelah melesakkan bola ke gawang Wales dengan mengelabui dulu bek Wales usai menerima umpan dari pengganti Andreas Cornelius. Seperti dua gol Dolberg, gol ini juga mesti ditinjau dahulu oleh VAR sebelum akhirnya disahkan wasit.

Dengan demikian, Denmark dipastikan akan melawat ke Baku, Azerbaijan, Sabtu pekan depan untuk menghadapi Belanda atau Republik Ceko dalam babak delapan besar.

Sihir Mempesona Dolberg

Sudah sepantasnya Kasper Dolberg dianugerahi penghargaan ‘Star of the Match’ atau pemain terbaik di pertandingan ini.

Kasper Dolberg kembali ke tempat lamanya di Amsterdam yang menjadi tempat karir profesionalnya terbentuk, guna membawa negaranya lolos ke perempat final Euro 2020.

“Saya sebenarnya tidak tahu bagaimana perasaan saya. Ini sungguh gila. Di sinilah semuanya berawal untuk saya, dan bermain di sini lagi dalam suasana ini adalah hal yang amat gila,” kata dia kepada stasiun televisi Denmark DR.

Striker energik berusia 23 tahun dari Silkeborg itu mengawali posisi bermainnya di sayap kiri sebelum menemukan pijakannya di Ajax Amsterdam di bawah pengawasan asisten pelatih Ajax saat itu Dennis Bergkamp pada 2015.

Sementara gayanya sering dibandingkan dengan legenda Belanda lainnya, Marco van Basten, kemampuan Dolberg dalam menemukan ruang kosong di lini depan menggarisbawahi adanya pengaruh Bergkamp yang merupakan standar emas untuk para playmaker Belanda modern. (SON)

0 Comments

    Leave a Comment

    Welcome! Login in to your account

    Remember meLost your password?

    Lost Password