‎Mal Sudah Dibuka Kemendag Harap Tak Ada Klaster Baru

Foto: Dok. beritainspira.com

BANDUNG INSPIRA ,- Secara serentak 138 Pusat Perbelanjaan di Indonesia yang berada di empat kota yakni DKI Jakarta, Surabaya, Semarang, dan Bandung mulai beroperasi. 23 lokasi diantaranya merupakan pusat perbelanjaan atau mall di Kota Bandung.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Oke Nurwan, mengatakan bahwa 138 pusat perbelanjaan tersebut telah terdaftar dan terdata di Kemendag dalam melakukan uji coba operasional. Mereka telah berkomitmen untuk menerapkan aturan dan protokol kesehatan dengan ketat.‎

‎”Pemerintah hari ini telah memulai, melakukan uji coba pusat perbelanjaan, yang berkomitmen dalam uji coba ini ada 138 pusat perbelanjaan,” papar Oke usai melakukan pemantauan terhadap uji coba mall di PVJ Bandung, Jl. Sukajadi, Kota Bandung, Rabu (11/8/2021) kemarin.

Baca juga: Innalillahi Wa Innaillaihi Rojiun, Ayah Wakil Walikota Bandung Wafat

Ia menjelaskan, pelaksanaan uji coba dimulai dari tanggal 10-16 Agustus mendatang. Setelah itu, akan ada evaluasi untuk menentukan keberlangsungan operasional pusat-pusat perbelanjaan di Indonesia.‎

“Dimulai tanggal 10, kemarin, dan sekarang kita ke sini, PVJ, kita dalam rangka melihat kesiapan uji coba, kita akan monitor dalam satu minggu kemudian, dan kita juga akan ada evaluasi harian “‎ ungkapnya.‎

Oke berharap, dalam uji coba operasional ini pengelola dan pengunjung dapat bekerja sama dalam menerapkan aturan dan protokol kesehatan. Sehingga, pelaksanaan uji coba tersebut tidak berdampak pada munculnya klaster baru dari Covid-19.‎

‎”Kita lihat, ini akan jadi klaster atau tidak, kita harap tidak, makanya kita lakukan batasan pengunjung dan kewajiban vaksin” katanya.

Diakuinya, sejauh ini belum mengetahui sampai kapan pandemi ini usai, kendati begitu pihaknya berusaha secara terkontrol membuka pusat-pusat perbelanjaan dengan protokol kesehatan.  “Mudah-mudahan dari kemarin sampai tanggal 16 nanti harapannya mobolitas tetap terjaga, penebaran dapat kita putus, dan ekonomi bisa berjalan,” tandasnya.

Baca juga: UPDATE Simak Perwal Baru PPKM Kota Bandung, Belum Divaksin Boleh ke Mal

Seperti kita ketahui,  Pemerintah telah memutuskan untuk melanjutkan PPKM Level 4 hingga 16 Agustus 2021. Meski begitu, di masa perpanjangan kali ini, Pemerintah memutuskan untuk memberi izin operasional pusat perbelanjaan secara terbatas.

Pembatasan itu meliputi, pengunjung maksimal 25 persen, jam operasional dibatasi hingg pukul 20.00 wib, pengunjung wajib sudah di vaksin, dan umur pengunjung harus diusia 13-69 tahun.‎ (MSN/TRI)

Welcome! Login in to your account

Remember meLost your password?

Lost Password